Senin, Mei 21, 2018

Cara mudah membuat bakso kenyal dan gurih + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah membuat bakso kenyal dan gurih + Video".

Tutorial kuliner | Bakso merupakan salah satu olahan daging yang paling populer di Indonesia. Bahkan, saking populernya hampir di setiap pelosok negeri ini anda bisa menjumpai makanan berbentuk bulat ini.

Sayangnya, karena terlalu banyak penjual bakso sering kali diantara mereka kurang memperhatikan kehigienisan bahan dan cara pengolahannya. Sehingga akan jauh lebih baik jika anda bisa membuat bakso sendiri di rumah.

Cara mudah memasak resep membuat bakso kenyal dan gurih
gambar ilustrasi
Resep membuat bakso pun tidak sulit, begitupun bahan yang dibutuhkan. Ingin tahu bagaimana resep membuat bakso yang kenyal dan gurih? Simak ulasan berikut.

Bahan-bahan membuat bakso kenyal dan gurih

a. 1 kg Dading sapi atau ayam (sesuai selera)
b. ½ kg tepung kanji
c. 2 buah es batu ukuran cukup besar
d. Garam halus secukupnya
e. Bubuk kaldu ayam secukupnya

Bahan-bahan untuk membuat bumbu kuah bakso

a. 10 siung bawang putih
b. 1 sendok teh merica bubuk
c. 1 sendok teh bubuk kaldu ayam/sapi
d. Kikil atau balungan untuk penambah rasa kaldu

Alat-alat untuk membuat bakso

a. Gilingan daging
b. Wadah
c. Panci

Cara membuat bakso kenyal dan gurih

1. Pertama-tama, bersihkan daging.
2. Kemudian giling daging hingga benar-benar halus.
3. Saat anda menggiling daging, sisipkan pula es batu dalam gilingan tersebut. Dimana es batu ini akan membantu membuat daging terasa lebih kenyal.
4. Setelah itu, masukkan tepung kanji, bubuk kaldu dan garam secukupnya.
5. Uleni bahan-bahan tersebut hingga benar-benar tercampur rata.
6. Sembari menunggu adonan tercampur rata, siapkan rebusan air dalam panci.
7. Nah ketika air sudah mendidih, kemudian bentuk bakso dengan cara mengepalkan tangan dan membentuk bulatan adonan pada bagian dalam ibu jari dan jari telunjuk.
8. Rebus bakso hingga matang, dimana ketika bakso sudah matang maka akan mengapung dengan sendirinya.
9. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Agar bakso lebih kenyal, masukkan dalam frozen selama beberapa jam.

Nah untuk memakannya, anda bisa panasi bakso dengan kuah yang dicampuri bumbu seperti yang sudah disebutkan di atas. Agar lebih nikmat, beri taburan bawang goreng dan irisan daun bawang serta daun seledri. Anda juga bisa mencampurkan baso yang sudah dibuat sebagai tambahan membuat sop segar.

Bagi anda yang ingin menikmati bakso ala di warung makan, maka bisa menambahkan beberapa perlengkapan seperti bihun dan mi kuning. Serta tambahkan rebusan sayur hijau dan tahu sebagai penambah rasa. Jangan lupa untuk siapkan sambal ekstra pedas agar bakso buatan anda ini sempurna.

Selamat mencoba dan nikmati lezatnya bakso buatan sendiri.

Video Cara membuat bakso gurih

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat cara memasak dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami. Selamat menyaksikan dan memahami.