Senin, Mei 02, 2016

Potensi blog untuk generasi muda masa kini

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Potensi blog untuk generasi muda masa kini".

Potensi blog untuk generasi muda masa kini | Hampir semua kaula muda di zaman ini, sudah menjadi pengguna internet. Selain sudah menjadi kebutuhan hidup, maraknya smartphone dengan harga murah meriah turut andil dalam pesatnya perkembangan internet ini. Cobalah tengok penjual-penjual pulsa yang berada di mana-mana ikut laris manis di serbu para pembeli.

Namun sayang, kebanyakan dari mereka masih menghabiskan kuota internetnya hanya untuk bersosial median. Seperti; facebookan, twitteran, instagramaan, phatan, dan berbagai social media lainnya dan ujung-ujungnya waktu terbuang sia-sia. Padahal, kuota internet tidak hanya itu doing loh. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet.. Salah satunya dengan membuat blog.

Sobat pasti pernah mencari informasi di google yang biasa orang bilang googling. Baik untuk urusan sekolah, bikin skripsi atau bahkan untuk memecahkan masalah yang sobat hadapi dikehidupan nyata. Yah… google memberikan berbagai informasi yang sobat butuhkan. Tapi tahulah sobat…? bahwa informasi-informasi yang disuguhkan pada pencarian google adalah hasil karya dari para blogger di berbagai dunia.

Nah. Dikesempatan kali ini saya akan mengajak sobat untuk menjadi blogger. Karena potensi blog ini sangat bagus untuk generasi muda masa kini. Ada banyak manfaat yang bisa sobat peroleh dengan menjadi seorang blogger. Namun sebelum saya menguraikan kelebihan dan kekurangan menjadi blogger, terlebih dahulu saya akan sedikit jelasin apa itu blog dan apa itu blogger.

Potensi blog untuk generasi muda masa kini

Apa itu blog?

Menurut info dari Wikipedia Indonesia yang saya baca, blog adalah singkatan dari web log yang berupa aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (artikel terbaru berada di posisi paling atas dan diikuti oleh artikel lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Nah sekarang apa itu blogger?

Blogger adalah orang yang menulis di blog tersebut. Sekarang tahu kan bagaimana caranya menjadi blogger. Sobat hanya perlu bisa menulis di internet di blog sendiri atau menjadi penulis tamu. Kalau saya sih lebih menyarankan sobat membuat blog sendiri. Karena potensi blog buat generasi muda yang kreatif cukup cerah loh… jika sobat pemula sobat bisa memulainya dengan blog gratisan seperti blogger miliknya google, wordpress, jomal, my weblog dan lain-lain. Tetapi jika sobat sudah serius sobat bisa mulai menggunakan domain dan hosting sendiri. Ada banyak tempat penyewaan domain dan hosting yang beredar di internet. Salah satunya adalah DewaWeb.

Potensi blog untuk generasi muda masa kini

Di zama dulu, blog itu sering digunakan untuk diary online sehingga blogger waktu itu kebanyakan cewe, adapun para cowonya lebih suka bermain game online daripada bikin blog. Tapi tahukah sobat, ada banyak potensi dalam blog yang bisa sobat gali. dengan sedikit sentuhan kreatif dan inovatif blog tidak hanya bisa dijadikan sebagai diary online, tetapi lebih "wah" dari itu, bahkan mungkin menjadi sesuatu yang tak terpikirkan diawal membuat blog. Ingin tahu potensi-potensi terpendam dalam blog yang bisa sobat gali dan manfaatkan lebih keren lagi, silahkan simak beberapa potensi blog yang baru saya temukan pada blog ini.

1. Media promosi
Salah satu potensi terpendam dari blog adalah kita bisa mempromosikan “sesuatu” ke seluruh penjuru dunia yang sudah tersentuh oleh internet. Sebagai contoh, saya mempromosikan panti asuhan tempat saya tinggal dan dibesarkan. Jika sobat tertarik untuk melihat-lihat silahkan mampir ke kunci cahaya. Sobat juga bisa mempromosikan hasil karya atau kerajinan sobat di blog. dengan mempromosikan suatu karya di blog, karya itu akan naik kelas loh, apalagi jika blog yang dipakai untuk mempromosikan sudah punya nama.

2. Penyalur hoby
Hoby bukan sembarang hoby. Dengan menulis dan menshare hoby sobat di blog, sobat bisa lebih banyak mengambil manfaat dari pada hanya menyimpannya di otak atau di computer. Tidak menutup kemungkinan, sobat akan menemukan orang-orang yang hobynya sama dan mengajak mereka berkumpul untuk melakukan hoby itu bersama-sama. Jika sobat seorang yang mania, bisa jadi sobat diangkat jadi guru untu mereka. dan inilah diantara potensi blog yang sudah banyak digali generasi muda masa kini.

3. Melatih jadi penulis
Disadari atau tidak, dengan seringnya menulis artikel untuk blog, kemampuan menulis saya semakin meningkat loh… coba sobat perhatikan gaya menulis saya pada posting pertama di blog ini dengan gaya menulis saya dengan artikel terbaru. Sobat pasti akan menemukan beberapa perbedaan. Belum lagi ide-ide untuk menulis semakin cepat keluar atau bahkan automatically without thinking. Ternyata blog juga bisa dijadikan guru menulis kita. gak percaya....? Silahkan buktikan sendiri. :)

4. Menjadi terkenal
Semakin banyak pengunjung yang hadir ke blog kita, semakin banyak orang yang mengenal kita. Banyak loh para artis yang sekarang terkenal gara-gara menjadi seorang blogger. Raditiya Dika contohnya. Mungkin seratus tahun lagi, saya atau sobat juga bisa terkenal seperti mereka, walau saya menggunakan nama pena untuk identitas di dunia maya. Hehheee… so... jangan sia-siakan potensi blog ini sobat.!

5. Menciptakan lapangan pekerjaan.
Banyak kaula muda yang bingung mencari pekerjaan. Bahkan para sarjana yang memiliki deretan gelar dibelakang namanya masih sibuk cari kerjaan. Padahal dengan membuat bolg, sobat bisa loh menciptakan lapangan pekerjaan. Bukan hanya untuk sobat saja, tapi juga bisa merekrut orang-orang yang sedang membutuhkan pekerjaan. Contohnya blog ini, walau penghasilan yang di hasilkan dari blog ini belum seberapa, tapi cukup lumayan untuk sekedar beli cliko… hehhee… Jika sobat punya sejuta keahlian tapi masih bingung cari kerja, coba deh baca artikel cara mendapatkan uang dari internet ini. Dengan potensi blog yang terus di gali sobat akan menemukan berjuta lapangan pekerjaan untuk generasi muda yang sulit mencarinya. Lumayan kan bisa bantu-bantu pemerintah mengentaskan kemiskinan, daripada cuma mengkritik tanpa action.

Mungkin baru segitu potensi-potensi blog yang sudah saya temukan yang pengaruhnya cukuf signifikan untuk generasi muda. Jika sobat punya tambahan potensi blog untuk generasi muda yang belum saya sampaikan, silahkan di tulis dikolom komentar. Bagi yang mau mulai ngeblog silahkan langsung ikuti tutorialnya di cara cepat membuat blog gratisan.

Sebelum saya menutup artikel ini, izinkan saya untuk mengingatkan kepada seluruh generasi muda yang membaca blog ini, dan mau membuat blog. Buatlah blog yang bermanfaat bagi orang banyak, jangan menjadikan blog sebagai penyebar kebencian yang menimbulkan keresahan. Dan mari jadikan berinternet sehat. Semoga bermanfaat.