Kamis, November 05, 2015

Cara membuat efek halilintar dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat efek halilintar dengan photoshop".

Tutorial photoshop | Halilintar adalah salah satu kejadian alam yang luar biasa. Dibalik suasana yang mencekam terdapat keindahan dalam kilatan halilintar yang mengeluarkan cahaya penuh artistic, bisa kita saksikan. Itulah salah satu kuasa Tuhan yang tak mungkin bisa kita pungkiri.

Menurut berita, halilintar sedang itu memiliki kekuatan listrik hingga mencapai 10.000.000 kilowatt, bahkan bisa disetarakan dengan 20 kiloton bom nuklir. Wajar, hampir semua orang takut akan halilintar ini, sehingga moment-moment indah bercampur menakutkan jarang terabadikan. Ditambah lagi, hujan deras yang biasanya mengiringi datangnya halilintar ini.

Jika sobat takut mengabadikan kilatan halilintar atau petir dengan kamera sobat, sobat bisa mengabadikannya dengna photoshop. Yah… dengan menggunakan photoshop kita bisa membuat efek kilatan halilintar hanya dengan beberapa langkah saja. Yang pasti lebih aman daripada kita langsung mengambil gambar halilintarnya. Walaupun mungkin tak seindah kilatan aslinya.


Cara membuat efek halilintar dengan photoshop

Jika sobat tertarik untuk membuat kilatan halilintar dengan menggunakan photoshop, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini. Semoga sukses.

Cara membuat efek halilintar dengan photoshop

1. Buka photoshop sobat. Klik Ctrl+N untuk membuat lembar kerja baru. Silahkan atur ukuran yang sobat kehendaki. Sebagai contoh saya membuat dengna ukkuran 900 x 600 pxl.

2. Klik Gradient tool lalu tempatkan kursor di sebelah kiri dan seret ke arah kanan. Sehingga warna background tadi berubah menjadi hitam putih.
Cara membuat efek halilintar dengan photoshop

3. Klik filter > render > different could sehingga membuat gambar beckground seperti awan. Mungkin sobat masih ingat waktu kita belajar membuat background awan dengan photoshop. Nah sekarang adalah tingkat lanjutannya.
Cara membuat efek halilintar dengan photoshop

4. Klik Ctrl+I untuk membalikan posisi warna. Lalu klik Ctrl+L untuk mengatur Level. Silahkan geser-geser sampai menyerupai kilatan halilintar yang di inginkan.
Cara membuat efek halilintar dengan photoshop

5. Untuk menambahkan warna silahkan Klik Ctrl+U kemudian atur warnanya sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya saya menabahkan efek warna ungu terang.
Cara membuat efek halilintar dengan photoshop

Nah… kurang lebih seperti itulah efek petir atau halilintar yang sering kita lihat. Untuk hasil yang maksimal silahkan dikembangkan sendiri ya. Semoga bermanfaat.