Selasa, September 08, 2015

Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat efek bokeh dengan photoshop".

Tutorial photoshop | Tahukah sobat, ternyata bokeh itu berasal dari kata boke yang merupakan bahasa jepang. Boke sendiri berarti kabur atau kabut. Kemudian pada tahun 1997 bokeh (ejaan inggris) dipopulerkan dalam teknik photo majalah. Berbeda dengan bahasa sunda boke berarti tidak punya duit… hehehe…

Apa itu bokeh?

Sebenarnya apah sih arti atau maksud dari teknik boke ketika diterapkan dalam dunia fotografi? Setelah saya googling akhirnya saya menemukan apa arti bokeh itu. Dibawah ini adalah penjelasan apa itu bokeh yang saya kutip dari wikipedia.org

“Dalam fotografi, bokeh (Asal / b oʊ k ɛ / ,/ b oʊ k eɪ / boh -kay - juga kadang-kadang diucapkan sebagai / b oʊ k ə / boh -kə , Jepang:  [boke ] ) adalah kualitas estetika dari blur yang dihasilkan dalam out-of-focus bagian dari suatu gambar yang dihasilkan oleh lensa. Bokeh telah didefinisikan sebagai "cara lensa membuat out-of- fokus titik cahaya". Perbedaan penyimpangan lensa dan aperture bentuk menyebabkan beberapa lensa desain untuk mengaburkan gambar dengan cara yang menyenangkan untuk mata, sementara yang lain menghasilkan mengaburkan yang menyenangkan atau distracting- "baik" dan "buruk "bokeh, masing-masing. Bokeh terjadi untuk bagian dari adegan yang berada di luar kedalaman lapangan . Fotografer kadang-kadang sengaja menggunakan fokus dangkal teknik untuk membuat gambar dengan menonjol keluar-of-focus daerah.”

Nah, sekarang kita akan membuat efek bokeh itu dengan menggunakan photoshop, jadi kita tidak harus memiliki kamera yang mahal untuk mendapatkan efek bokeh ini. Unutk lebih jelasnya, silahkan sobat lihat gambar di bawah ini yang merupakan hasil akhir dari tutorial photoshop kali ini.
 Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

Jika sobat tertarik unutk membuat efek bokeh dengan menggunakna photoshop, silahkan langsung saja diikuti step by stepnya di bawah ini

Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

1. Silahkan pilih gambar yang akan kita jadikan background efek bokeh dengan photoshop. Kemudian tambahkan efek Gaussian blur dengan klik menu filter > blur > Gaussian blur. Lalu sesuaikan nilai bulr dengan selera sobat.
Cara membuat efek bokeh dengan photoshop


2. Aktifkan brush tool (B) kemudian klik F5. Pilih brush 60 lalu atur set brush spacing menjadi 95%
Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

4. Klik shape dynamic dan scattering kemudian atur pengaturannya seperti pada gambar berikut ini. Pengaturan ini tidak mutlak harus seperti ini. Sobat bisa mengaturnya sesuai selera sobat. Ini hanya sebuah contoh
Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

5. Klik color dynamic dan ither dynamic jika sobat ingin efek bokeh berwarna-warni. Silahkan atur seperti ini
Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

6. Pengaturan brush sudah selesai, sekarang kita akan mulai membuat efek bokeh. Buat layer baru dengan set blending color dodge. kemudian sapukan brush pada tempat yang diinginkan.
Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

7. Buat layer baru dengan set blending Screen. kemudian klik [ pada keyboard untuk mengecilkan diameter brush, sapukan brush pada tempat yang diinginkan.
Cara membuat efek bokeh dengan photoshop

Sampai tahap ini, efek bokeh sudah terlihat. Untuk selanjutnya silahkan di kembangkan sendiri yah. Semoga bermanfaat.