Rabu, Juli 08, 2015

Cara membuat gradient kontras transparan di photohsop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat gradient kontras transparan di photohsop".

Tutorial Photoshop | Membuat warna gradient dari kontras menuju transparan dengan photoshop tema yang akan saya bahas pada tutorial photoshop kali ini.  Mungkin sedikit aneh kali yah judul tutorial di atas. Tapi mudah mudahan sobat bias memahami apa yang saya maksudkan.

Tutorial photoshop kali ini, saya buat untuk menjadwab salah seorang sobat blog ini yang bertanya pada tutorial cara membuat kartu nama dengan photoshop. Mbak Dian Sri Mulyani namanya. Berikut petikan pertanyaannya
“Cara membuat line kuning dan merah itu bagaimana gan? dari warnanya terang sampe memudar?”

Sebenarnya sangat mudah sekali membuat garis dengan warna gradient warna kontras menuju transparan ini. Tapi karena trik ini aga sedikit tersembunyi, jadi perlu bimbingan untuk menemukan trik ini. Trik ini adalah pengembangan dari tutorial membuat tulisan menjadi lebih dari satu warna pada photoshop.

Cara membuat gradient kontras transparan di photohsop

Trik membuat gradient warna kontras ke transparan ini bias digunakan dalam banyak hal. Seperti membuat cover buku, membuat cover DVD/CD, membuat banner, membuat poster dan masih banyak lagi. Sekarang yuk kita langsung menuju acara inti

Cara membuat gradient warna kontras ke transparan di photoshop

1. Silahkan sobat buka salah satu koleksi foto sobat dengan menggunakan photoshop. Foto ini akan kita jadikan background supaya warna gradient dari kontras ke transparan ini terlihat jelas.

2. Buatlah gambar objek persegi panjang dengan menggunakan rectangle tool seperti pada gambar berikut ini
Cara membuat gradient kontras transparan di photohsop

3. Ganti nilai fill layer shape (layer persegi panjang) menjadi 0% sehingga warna pada gambar persegi panjang menjadi transparan.
Cara membuat gradient kontras transparan di photohsop

4. Dobel klik layer shape, sampai pengaturan layer stale muncul. Kemudian klik gradient overlay dan klik warna hitam putih pada kolom gradient.
Cara membuat gradient kontras transparan di photohsop

5. Atur salah satu opacity stop menjadi 0% dan yang lainnya 100%. Sobat juga bias mengatur warna yang sobat inginkan dengan mengkilk warna color stop yang akan di rubah warnanya.
Cara membuat gradient kontras transparan di photohsop

Jika pengaturannya sudah selesai klik Ok. Dan gradient warna kontras ke transparan sudah bias sobat lihat hasilnya. Silahkan dikembangkan sendiri yah. Semoga bermanfaat.