Senin, November 10, 2014

Cara membuat cover buku dengan photoshop (update) + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat cover buku dengan photoshop (update) + Video".

Tutorial photoshop | masih ingat dengan tutorial saya beberapa yang lalu, waktu membahas cara membuat cover buku? Yah… di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengupdate tutorial membuat cover buku dengan photoshop.

Kenapa saya update,…? Ternyata setelah saya belajar dan belajar tentang photoshop ada cara yang lebih praktis daripada trik yang sebelumnya saya share di blog ini. Makanya saya update dan bagikan trik yang lebih mudah itu. Kalau ada yang lebih praktis mengapa harus pake cara yang ribet … heheh…

Cara membuat cover buku dengan photoshop (update)Oya… sebagaimana yang pernah saya katakana di tutorial membuat cover buku yang lalu. Ketika kita akan membuat cover buku itu terbagi kedalam dua tahap besar. Yang pertama membuat pola cover buku dan yang kedua mendesain cover buku. Nah… cara membuat cover buku yang akan saya update kali ini (dengan cara yang lebih mudah) adalah cara membuat pola cover bukunya saja. Sedangkan untuk mendesain cover buku, masih sama seperti pada tutorial yang lalu. Lagian mendesain cover bukukan berbeda-beda. Jadi itu bukanlah sebuah rumusan. Dan sobat pasti sudah pada lihai kalau masah begituan mah. 

Cara membuat pola cover buku dengan photoshop

Seperti pada tutorial yang lalu, di tutorial inipun saya akan membuat pola cover buku dengan ukuran A5 dan tebal buku 1 cm. buku dengan ukuran A5 ini adalah ukuran buku standar yang paling banyak digunakan, karena memang mudah penyettingannya, maybe…

Karena kita akan membuat cover buku dengan ukuran A5, maka kita membuatuhkan kertas cover berukuran A4 (A5 cover depan + A5 cover belakang). Sedangkan A4 sendiri berukuran 21.0 x 29.7 cm. dan tebal bukunya 1 cm. nah, setelah mengetahui ukuran kertas cover buku yang diperlukan untuk membuat cover buku ukuran A5, sekarang kita mulai pengerjaannya dengan menggunakan photoshop.

1. Buka photoshop sobat kemudian klik Ctrl+N untuk membuat lembar kerja baru. Kemudian aturlah seperti pada gambar dibawah ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Name            : isi dengan cover buku untuk mempermudah
Width            : isi 29.7 cm ukuran lebar cover buku depan+belakang
Height           : isi 21 cm ukuran tinggi cover buku
Resolution    : isi dengan 300 pixels/inch supaya hasil cover buku tidak pudar atau buram
Color mode : isi dengan CMYK color karena kebanyakan mesin printer menggunakan color mode CMYK. Setelah semuanya diatus seperti di atas klik OK. 

*catatan ukuran ini unutk membuat cover buku ukuran A5, sehingga lebar keseluruhan cover depan dan belakang menjadi A4. Jika sobat mau membuat cover buku dengan ukuran yang berbeda, silahkan disesuaikan saja ya.

2. Buatlah garis penunjuk (guide) dengan cara mengklik+tahan (drag and drop) gambar penggaris kemudian geser ke kempat yang diinginkan. Buatlah beberapa guide seperti gambar berikut ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop (update)

3. Buatlah gambar persegi panjang warna hitam seukuran pola yang sudah tadi sobat buat. Sobat bisa membuat persegi panjang ini dengan menggunakan rectangle tool (u).
Cara membuat cover buku dengan photoshop (update)

4. Buatlah gambar persegi panjang lagi. Ini nantinya akan kita gunakan untuk batas sisir buku (merapihkan buku). Kemudian tambahkan effect stroke dan atur fill menjadi 0% Lihat gambar. Bagi yang belum mengerti cara menambahkan effect stroke bisa dilihat pada tutorial cara mwearnai garis pinggir di Photoshop
Cara membuat cover buku dengan photoshop (update)

Sampai di sini, sobat sudah selesai membuat pola cover buku, untuk selanjutnya sobat tinggal mendesain cover buku dengan gambar dan tulisan yang sobat inginkan. Tutorial selanjutnya bisa sobat baca di mendesain cover buku dengan photoshop


Cara membuat cover buku dengan photoshop (update)

Tutorial video membuat cover buku dengan photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih