Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah".

Memasang selembaran lantai kayu memang bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan teknik, pengalaman, dan skil yang sudah matang dibidangnya agar pemasangan lantai kayu tersebut dapat sesuai harapan pemilik hunian, bertahan lama dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Berbeda dengan lantai kayu biasanya atau yang lebih dikenal dengan lantai kayu solid yang benar-benar memerlukan prosedur dan tukang yang sudah ahli dibidangnya, lantai satu ini sangat bisa dipasang oleh anda sendiri dirumah, asalkan anda mengetahui prosedur dan langkah-langkahnya. Namanya adalah lantai kayu Laminated.

Apa Itu Lantai Kayu Laminasi?

Lantai kayu laminasi atau dalam bahasa inggris disebut laminated Flooring adalah jenis lantai kayu buatan yang berbahan dasar serbuk kayu atau HDF (High Density Fiberboards) dan pada bagian permukaannya menggunakan alumunium Oxade sebagai pelindung dan anti gores. Diolah agar mampu bertahan dan awet digunakan pada ruangan hingga beberapa tahun, ramah lingkungan serta memiliki tingkat kenyamanan yang sama dengan lantai kayu solid.

Alasan memilih lantai Laminasi atau laminated Flooring adalah memiliki sipat yang hampir sama dengan lantai kayu asli namun dengan harga yang lebih murah dan corak yang lebih kompok dibandingkan dengan lantai kayu asli (solid). Sementara itu, jika dibandingkan dengan lantai keramik, lantai laminated lebih sehat karena tidak menimbulakn penyakit rematik, lebih hangat, serta lebih empuk.

Oleh sebab itu, Karena didorong kebutuhan para konsumen yang memilih lantai kayu namun tidak tahu cara memasangnya, saya Wijdan Sidiq, salah satu Tim dari keluarga Toko Lantai Kayu yang dipimpin oleh Bapak Wawan Setiawan pemilik situs Toko Lantai kayu, akan memberikan Prosudur bagaimana cara memasang lantai kayu laminasi yang benar, agar anda tidak dirugikan.

Alat Dan Bahan Untuk Memasang Lantai Kayu Laminated

- Pemotong kayu : dapat berupa mesin potong kayu, gergaji biasa atau lainnya yang penting alat yang dapat memotong kayu. Saya sarankan gunakan Gergaji karena lebih mudah didapat dan hampir setiap orang punya.
- Palu atau kampak : alat ini berfungsi untuk memukul disarankan memiliki palu karet agar ketika memukul-mukul lantai kayu, lantai kayu tidak tergores, atau sompak.
- Meteran : untuk meteran ini berfungsi untuk mengukur lantai kayu yang akan dipotong kelak. Karena pemotongan lantai kayu laminated pada saat pemasangan sangatlah penting
- Papan Kayu : papan kayu ini berfungsi untuk menjadi perantaran pukuran dari palu agar lantai laminated dapat terhidanr dari goresan dan benjolan.
- Pensil : pensil ini berfungsi untuk menandai lantai kayu laminated agar pemotongan presisi
- Bahan: Untuk bahan yang digunakan tentunya Laminated Flooring dan karpet underlayar (polyfoum) sebagai bantalan lantai laminated. Fungsi karpet underlayer atau polyfoum disini adalah untuk melindungi lantai laminated dari kelembaban dan menambah keempukan lantai.
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

Menghitung Luas Ruangan Untuk Pemasangan Lantai Kayu Laminated

Tentukan ruangan mana yang akan menggunakan lantai kayu laminated dan ukur Panjang dan lebar berapa CM ruangan  tersebut agar ketika pembelian lantai laminated tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan sehingga tidak akan merugikan anda.

Sebagai contoh kita lihat analogi diawah ini. Misalkan ukuran kayu laminated adalah lebar 20 cm x panjang 122 cm
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

Jika ruangan yang akan digunakan untuk penerapan lantai laminated memiliki panjang 488 cm dan lebar 200 cm, dan ukuran laminated 20 x 122 cm, maka lantai laminated yang dibutuhkan adalah sebanyak 40 buah. Seperti ditunjukan pada gambar diatas.

Dimana, dalam satu set laminated yang dijual memiliki 10 buah kepingan laminated, maka anda harus membeli setidaknya 4 bungkus lantai laminated.

Pemasangan Lantai Kayu Laminated

Setelah menghitung luas ruangan dan menghitung berapa lantai kayu laminated yang dibutuhkan, selanjutnya adalah langkah pemasangan lantai kayu laminated.

1. tutupi seluruh permukaan lantai yang akan dipasang lantai kayu laminated dengan polyfoum
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

2 setelah seluruh permukaan lantai telah tertutupi, silahkan pasangkan lantai laminated untuk pertama kali pada bagian sudut ruangan
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

3 pemasangan dilakukan dengan menghimpitkan bagian pengunci T&G pada lantai laminated bagian samping lantai. Kemudian pukul dengan palu namun dengan bantalan sehingga lantai dapat mengunci.
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu pengunci T&G, ini dia tampilannya :
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

Gambar diatas menunjukan bagaimana system pengunci dari lantai laminated.

4. Setelah satu jajar lantai laminated berhasil dipasangkan, selanjutnya adalah memasang jajaran kedua laminated flooring. Namun, untuk pemasangan lantai laminated lapisan kedua, ujung jajaran kedua jangan sampai satu jajar dengan ujung lantai jajaran pertama misalnya perhatikan gambar :
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

Hal ini dimaksudkan agar lantai menempel dengan erat, mengunci satu sama lain. Oleh sebab itu, pemotongan lantai laminated mesti dilakukan. Silahkan bagi dua lantai laminated agar bisa dipasang setengan-setangah.

Namun, sebaiknya, sebelum memotong lantai laminated, anda harus memperhitungkan peletakan lantai tersebut. Jangan sampai pemasangan lantai yang kehilangan penguncinya. Seperti pada gambar dibawah ini :
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

Gambar diatas menunjukan pemasangan yang salah karena tidak memperhitungkan peletakan lantai pengunci dan lantai tanpa sudut kunci. Ini yang menjadi problem terbesar pemasangan lantai kayu laminated. Karena anda harus benar-benar memperhitungkan peletakan lantai laminated dengan benar agar tidak salah seperti pada gambar diatas.

5. kemudian pukul kembali lantai laminated agar mengunci pada jajaran lantai laminated pertama
Bahan dan Cara Memasang Lantai kayu Laminated Sendiri dirumah dengan mudah

6. jika anda menemukan sudut ruangan, anda bisa memotong lantai laminated mengikuti alur dari sudut hunian tersebut.

7. lakukan langkah-langkah diatas sampai pemasangan lantai kayu laminated selesai

Catatan Penting …

Pemasangan lantai kayu laminated gampang-gampang susah. Gampangnya karena kita hanya tinggal menghubungkan setiap lantai laminated. Susahnya karena ketika anda salah memperhitungkan letak pemasangan lantai kayu laminated, akan membuang banyak lantai dan itu sangat merugikan.

Demikian pembahasan ini, semoga dapat membantu anda. Mohon maaf bila banyak kesalahan, baik kesalahan penyampaian atau kesalahan lainnya. Karena saya hanyalah seorang newbie yang masih dalam tahap belajar.
INFO PENULIS
Penulis
Wijdan Sidiq Ramadhan
Facebook
facebook.com/dtektif
Situs
Publised at

Artikel Terkait