Cara membuat kue kacang dirumah untuk hari istimewa

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat kue kacang dirumah untuk hari istimewa".

Tutorial kuliner | Indonesia punya banyak sekali referensi kuliner yang lezat dan seringkali membuat lidah ketagihan ketika mencobanya. Tak hanya resep kudapan tradisionalnya yang identik dengan kekayaan rempah-rempah pilihan, nusantara juga menyajikan banyak hidangan menarik serta unik yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Kue atau roti misalnya. Santapan yang lekat dengan cita rasa kuat dan mempunyai aroma khas ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. satu dari sekian banyak jenis kue yang sangat familiar adalah kue kacang. Sajian menggugah selera berbahan dasar kacang ini selalu menjadi primadona. Terutama saat perayaan hari besar, hajatan, hingga sekedar dijadikan teman untuk menyeruput segelas teh di sore hari.

Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk membuat kue ini terkesan ribet lantaran harus menyiapkan bahan dan mengetahui teknik khusus saat pemanggangannya. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebab dengan mempelajari resep kue kacang yang simpel sekaligus cepat ini Anda bisa menghidangkan kue yang sempurna untuk keluarga Anda di rumah.

Seperti apa resep kue kacang spesial dan cara membuatnya? berikut langkah-langkahnya
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan untuk membuat kue kacang spesial

- 259 gram kacang tanah yang sudah disangrai tanpa kulit
- 400 gram tepung terigu
- 150 gram gula (diutamakan yang halus)
- ½ - 1 sendok teh garam (bisa disesuaikan dengan selera)
- 200 gram minyak goreng atau margarin
- 2 kuning telur
- Almond, kenari, atau wijen untuk taburan
- Mentega untuk dioleskan

Cara membuat kue kacang spesial

1. Haluskan kacang dengan blender atau penggilingan
2. Campur tepung terigu, gula, garam, dan kacang tanah yang sudah dihaluskan dalam satu wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
3. Kemudian, tambahkan minyak goreng atau margarine yang telah dicairkan sebelumnya ke dalam adonan tersebut.
4. Selanjutnya, anda bisa mencetak kue kacang dengan bentuk bulat, pipih, bintang, atau bulat sabit. Oleskan kuning telur di atasnya. Lakukan hingga adonannya habis dan taruh pada loyang.
5. Olesi cetakan yang akan digunakan untuk mengoven dengan margarine.
6. Tabur almond, kenari, atau wijen untuk mempercantik tampilan kue kacang yang Anda buat. Anda juga bisa menggantinya dengan sukade/buah-buahan yang sudah dikeringkan.
7. Masukkan semua adonan yang sudah tercetak ke dalam open. Atur suhunya 150- 170 derajat celcius selama kurang lebih 25 – 30 menit hingga matang.
8. Angkat dan dinginkan. Kue kacang sudah siap anda nikmati.
9. Anda bisa menyimpannnya di dalam toples.

Itulah panduan membuat kue kacang yang praktis dan juga enak. Pastikan Anda mencobanya ya?.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait