Resep dan cara memasak es kopyor super segar

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Resep dan cara memasak es kopyor super segar".

Tutorial kuliner | Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah, dimana semua orang menunggu-nunggu hadirnya bulan suci ramadhan, menjalani puasa mulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Berbagai persiapan telah disiapkan dengan sebaik-baiknya, seperti menu untuk berbuka puasa.

Berbuka puasa memanglah hal wajib dilakukan dalam berpuasa, banyak menu makanan dan minuman yang dipersiapkan. Mulai dari makanan manis hingga makanan asin begitu pula minuman, banyak minuman segar yang cocok untuk menemani berbuka puasa salah satunya adalah es kopyor.

Es kopyor merupakan minuman dari buah kelapa kopyor yang telah dimasak kemudian diguyur atau disiram dengan sirup dan es batu. Salah satu minuman biasanya dijual banyak dipinggir jalan atau di warung tongkrongan anak muda jaman sekarang.

Seiring dengan perkembangan jaman, anda tidak perlu repot-repot pergi mencari minuman es kopyor. Cukup membuat es kopyor di rumah menggunakan bahan yang ada anda bisa menikmati bersama keluarga, khususnya pada saat berbuka puasa di bulan ramadhan.

Resep dan cara memasak es kopyor super segar
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan untuk membuat es kopyor super segar

- 1 buah kepala kopyor atau apabila tidak ada, anda bisa mengganti dengan agar-agar, tetapi untuk mendapatkan rasa agar-agar yang menyerupai kelapa maka bisa menggunakan agar-agar plan (tanpa rasa)
- 2 sendok makan gula pasir
- I ½ sendok sirup coco pandan
- Susu kental manis atau susu sesuai dengan selera anda
- Air kelapa
- Es batu
- Garam

Langkah-langkah membuat es kopyor seger

1. Peraslah kelapa menggunakan air kelapa
2. Tuangkan agar-agar dengan air kurang lebih 125 cc kedalam panci
3. Kemudian, tambahkan gula pasir dan garam secukupnya dan masak, aduk hingga mencampur rata
4. Apabila sudah mendidih angkatlah dan diamkan sebentar hingga sedikit dingin, apabila sudah dingin taruhlah pada gelas saji
5. Lalu tuangkan es batu sedikit demi sedikit
6. Tambahkan pula sirup coco pandan dan susu kental manis yang telah disiapkan
7. Es kopyor telah siap dihidangkan dan siap untuk dinikmati

Membuat es kopyor sangat mudah dan praktis, anda bisa mencoba sendiri di rumah, dan dapat menikmati es kopyor yang segar baik pada berbuka puasa di bulan ramadhan maupun tidak.

Semoga resep membuat es kopyor diatas dapat membantu anda semua dan menambah wawasan anda untuk menyiapkan hidangan minuman yang menyegarkan, menyehatkan. Selamat mencoba.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait