Segarnya es kolang-kaling dan cara membuatnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Segarnya es kolang-kaling dan cara membuatnya".

Tutorial kuliner | Siapa yang tidak mengenal buah kolang-kaling, buah lonjong, kecil mungil yang bertekstur kenyal dan berwarna putih transparan serta memiliki rasa yang menyegarkan. Buah yang tumbuh dari pohon aren ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah kolang-kaling menjadi salah satu buah favorit yang biasa orang Indonesia konsumsi. Buah kolang-kaling banyak dan sering anda jumpai di pasar tradisional atau pada saat bulan suci ramadhan tiba. Karena kolang-kaling merupakan menu wajib bagi orang Indonesia untuk menemani saat berbuka puasa.

Bayak manfaat yang terkandung dalam buah kolang-kaling, memiliki kandungan air yang banyak, protein, serta karbohidrat. Buah kolang-kaling juga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi untuk memperkuat tulang anda, cocok untuk anda yang sedang dalam program diet serta sangat cocok untuk tumbuh kembang otak anak.

Uniknya bentuk dan tekstur dari buah kolang-kaling membuat para kawula mulai dari kawula muda hingga kawula tua beramai-ramai membuat olahan dari buah kolang-kalig yang memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Salah satu minuman yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia sebagai pengusir lelah dan dahaga adalah minuman es kolang-kaling yang mudah dan cepat dalam proses pembuatannya.

Segarnya es kolang-kaling dan cara membuatnya
Gambar ilustrasi

Bahan yang diperlukan untuk membuat minuman es kolang-kaling

- Buah kolang-kaling sebanyak 250 gram
- Nata de coco secukupnya
- Buah mangga atau nanas atau buah sesuai dengan selera anda untuk menambah cita rasa pada minuman kolang-kaling
- Sirup sesuai dengan selera anda
- Air putih bersih secukupnya
- Es batu

Cara membuat minuman es kolang-kaling yang menyegarkan

1. Pertama, anda bisa merebus buah kolang-kaling dengan air bersih yang telah mendidih
2. Kemudian, setelah kolang-kaling telah lunak dan empuk angkat buah dan tiriskan
3. Tunggu hingga buah sedikit dingin, lalu campurkan kolang-kaling dengan sirup yang telah anda siapkan
4. Kupas buah dan potong dadu
5. Tambahkan buah yang telah dipotong dadu dan nata de coco ke dalam campuran kolang-kaling dengan sirup
6. Langkah selanjutnya bisa tambahkan es batu sesuai dengan selera anda
7. Minuman es kolang-kaling siap dihidangkan

Tips cara diatas bisa anda gunakan sebagai referensi dan wawasan serta pengetahuan anda dalam membuat minuman es kolang-kaling yang menyegarkan dan menyegarkan bagi tubuh. Dan bisa disantap dengan keluarga tercinta anda. Selamat mencoba. 
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait