Resep memasak gudeg khas jogja super lezat beserta cara memasaknya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Resep memasak gudeg khas jogja super lezat beserta cara memasaknya". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien

Tutorial kuliner | Kalau berkunjung ke Jogja tidaklah lengkap jika belum mencicipi kuliner khas daerah ini yaitu gudeg. Walau dari beberapa daerah sekitar Jogja juga terdapat kuliner yang satu ini, namun keunikan dari masakan tradisional khas ini sangat kental dengan budaya Jogja.

Masakan gudeg terbuat dari bahan dasar nangka muda atau yang sering dikenal dengan gori oleh masyarakat jawa. Dalam proses pembuatan gudeg dibutuhkan waktu hingga berjam-jam hingga dapat dihidangkan.

Dalam memasak gudeg juga memiliki variasi yang berbeda seperti gudeg kering dengan aren kental, gudeg solo, maupun gudeg dengan kuah encer. Dalam pembuatan gudeg tidaklah mudah namun dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Sebelum memasak gudeg yang pertama-tama kita harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Resep memasak gudeg khas jogja super lezat beserta cara memasaknya
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan untuk membuat gudeg jawa

- 1 kg Nangka muda yang dipotong kecil-kecil
- 1 ruas lengkuas yang dimemarkan
- 2 lembar daun salam

Bahan-bahan untuk membuat bumbu halus gudeg

- 10 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 4 butir kemiri sangrai
- ½ sendok teh ketumbar bubuk
- Garam secukupnya
- 250 gram gula merah

Cara membuat gudeg khas jawa

1. Cara pertama untuk membuat gudeg yaitu rebus nangka muda dengan bumbu halus dan juga dengan air secukupnya dalam kuali maupun panci. Biasanya gudeg dimasak dengan menggunakan kuali, karena akan menambah cita rasa.
2. Masak gudeg hingga benar-benar matang hingga gudeg berwarna merah dan juga empuk. Kemudian angkat.
3. Untuk menambah cita rasa yang lezat diamkan gudeh dalam kuali selama semalaman dan saat menghidangkannya dengan menyiram areh atau kuah dari opor ayam. Biasanya masakan gudeg akan lebih lengkap dengan menyajikan juga opor ayam dan sambal goreng krecek.

Demikian resep memasak gudeg dengan sederhana. Terkadang dalam memasak gudeg juga diberi rebusan telur atau daging ayam, sehingga gudeg akan menjadi lebih terasa nikmat saat dihidangkan jika tanpa menu pelengkap seperti opor ayam maupun sambel goreng krecek. Dalam memasak gudeg dapat dikreasikan dengan bahan lauk lainnya seperti tahu putih maupun krupuk.

 Selamat mencoba semoga resep memasak gudeg di atas dapat membantu dan memberikan wacana.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait