Ingin membuat bubur kacang ijo? inilah resep dan cara membuatnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Ingin membuat bubur kacang ijo? inilah resep dan cara membuatnya".

Tutorial kuliner | Bubur kacang ijo merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu, rasa yang enak, lembut saat dimakan membuat banyak orang menyukai bubur kacang ijo, khususnya orang Indonesia.

Pembuatan bubur kacang ijo yang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang begitu lama, membuat masyarakat Indonesia gemar dengan makanan bubur kacang ijo. Termasuk anda bukan?

Kacang hijau yang berkualitas dan cocok untuk membuat bubur adalah kacang yang apabila direndam dengan air maka kacang hijau akan tenggelam, dan apabila kacang mengambang pada permukaan air maka kualitas kacang hijau kurang bagus.

Kacang hijau sendiri memiliki gizi yang banyak dan berguna bagi kesehatan manusia, diantaranya adalah mengandung kalsium, forfor, zat besi, vitamin B dan masih banyak lagi. Sehingga banyak orang yang menyukai bubur kacang hijau. Bubur kacang ijo sendiri bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Cara membuat bubur kacang ijo juga sangatlah mudah, anda bisa membuatnya di rumah, berikut resep membuat bubur kacang ijo.

Ingin membuat bubur kacang ijo? inilah resep dan cara membuatnya
Gambar ilustrasi

Bahan untuk membuat bubur kacang ijo

- Sediakan kacang hijau sebanyak 250 gram
- Siapkan gula merah secukupnya
- Siapkan gula pasir dan garam secukupnya
- Lalu sediakan jahe dan potong kecil-kecil
- Daun pandan kurang lebih 5 lembar
- Santan kelapa kental dari setengah butir kelapa
- Air putih matang 2 liter

Cara cepat membuat bubur kacang ijo yang menyehatkan

1. Siapkan kacang hijau dan bersihkan hingga bersih, lalu rendam kacang hijau kurang lebih 60 menit
2. Kemudian rebus kacang hijau dalam panci berukuran sedang menggunakan kompor dengan api sedang, tunggu hingga tampilan kacang hijau pecah-pecah
3. Lalu sisirlah gula atau haluskan gula merah dan rebuslah gula merah dengan air secukupnya, tunggu hingga semua hancur dan gula merah merata dengan air
4. Masukan air gula merah pada kacang hijau yang telah direbus, untuk mendapatkan hasil yang tidak kotor maka saringlah gula merah
5. Masukkan juga jahe yang telah dipotong kecil, santan kepala kental, dan daun pandan yang sudah dibersihkan
6.  Kemudian bila semua sudah tercampur dengan rata, angkatlah
7. Dan bubur kacang ijo siap untuk dihidangkan

Demikian resep mudah membuat bubur kacang ijo yang menyehatkan dan mudah untuk dibuat, diharapkan resep diatas dapat menambah wawasan anda semua dalam membuat bubur kacang ijo.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait