Cara memasak opor ayam special yang nikmat

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara memasak opor ayam special yang nikmat".

Tutorial kuliner | Pada saat Indul Fitri pasti banyak umat muslim menghidangkan opor ayam. Opor ayam sangat mudah dimasak, selain murah juga sangat lezat jika disantap bersama keluarga. Mungkin setiap orang sudah pernah mencicipi masakan yang satu ini.

Banyak ibu rumah tangga yang menyajikan masakan ini untuk menu sehari-hari. Cara memasak opor ayam sangat mudah, oleh karena itu masakan ini sering menjadi menu sarapan maupun makan siang dan malam.

Aroma yang khas pada opor ayam sangat menggoda dan mungkin orang akan mudah mengenali masakan ini. Cara pengolahan opor ayam ini menggunakan rempah-rempah dan santan yang kental sehingga memberikan cita rasa yang menggoda. Opor ayam ini sendiri sering dinikmati bersama ketupat atau lontong. Cara memasak opor ayam dapat dilakukan dengan cara :

Cara memasak opor ayam special
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat opor ayam

Bahan-bahan dasar membuat opor ayam
- 1 ekor ayam yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera
- Lengkuas 2 cm
- Sereh 2 batang
- Daun salam 3 lembar
- Jahe 1 cm dimemarkan
- Minyak goreng secukupnya
- Santan kelapa 1 liter
- Garam dan gula pasir secukupnya

Bahan-bahan untuk membuat bumbu opor
- Bawang merah 6 butir
- Bawang putih 4 siung
- Ketumbar 1 sendok teh
- Pala ¼ butir
- Merica butiran 1 sendok teh
- Kemiri 4 butir
- Kunyit 2 cm

Cara memasak opor ayam yang spesial

1. Pertama yang harus dilakukan dalam membuat opor ayam yaitu semua bahan bumbu yang sudah disiapkan diblender atau diulek sendiri hingga halus.
2. Setelah menyiapkan bumbu yang sudah dihaluskan lalu panaskan minyak goreng. Tumis bumbu tersebut, tambahkan daun salam, lengkuas, jahe, dan serai. Aduk hingga rata dan mengeluarkan aroma yang wangi.
3. Masukan daging ayam yang sudah dibersihkan, masak, dan aduk hingga daging berubah warna. Setelah itu masukan santan, gula pasir, dan garam secukupnya sesuai selera.
4. Masak hingga daging menjadi matang dan empuk, atau juga hingga bumbu meresap.
5. Setelah dirasa matang dan bumbu meresap, opor ayam sudah dapat siap disajikan.

Demikian cara memasak opor ayam, semoga cara ini dapat memberikan tambahan wawasan dan dapat diaplikasikan di rumah.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait