Beginilah cara membuat es campur yang segar dan nikmat

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Beginilah cara membuat es campur yang segar dan nikmat". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien

Tutorial kuliner | Es campur sendiri merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang cara membuatnya dengan memasukkan berbagai bahan tertentu ke dalam cairan sirup yang manis. Bahan yang digunakan biasanya adalah bahan yang memiliki rasa manis, segar dan asam.

Cara membuat es campur ini cukup mudah, sehingga banyak orang yang membuatnya sendiri di rumah untuk dinikmati bersama-sama dengan anggota keluarga. Selain untuk dikonsumsi sendiri es campur juga bisa kita jual karena banyak peminatnya dan bisa digunakan sebagai usaha sampingan.

Beginilah cara membuat es campur yang segar dan nikmat
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan isi es campur

- 2 buah alpukat, diambil dagingnya
- Buah nangka, dipotong kecil-kecil
- Buah kelapa muda, diambil dagingnya, airnya disisihkan
- Kolang-kaling matang, dibelah dua
- Bubur mutiara, ambil secukupnya
- Aneka buah-buahan sesuai selera, misal : buah leci, apel, anggur, nanas, strawberry, melon, mangga, naga dan buah lain yang anda sukai.

Bahan untuk membuat saus es campur

- 2 gr gula pasir
- Daun pandan secukupnya, dibersihkan dan ikat
- 150 ml air dingin
- Sirup merah atau hijau, sesuai selera

Cara membuat saus es campur

1. Masukkan semua bahan saus es campur ke dalam panci pemanas kecuali sirup, aduk-aduk sampai matang dan mendidih, lalu angkat dan sisihkan.
2. Tunggu sampai dingin

Cara membuat es campur yang segar dan nikmat

1. Siapkan semua bahan-bahan di atas, dan juga gelas atau mangkuk yang akan dipakai.
2. Masukkan es campur ke dalam gelas atau mangkuk dengan urutan bubur mutiara, kolang-kaling dan buah-buahan.
3. Tuangkan es batu serut di atasnya, lalu siramkan saus es campur. Bisa juga ditambahkan susu kental manis untuk menambah rasa nikmat pada es campur.
4. Es campur siap dinikmati

Cukup mudah kan cara membuat es campur? Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera masing-masing. Takaran gula juga bisa disesuaikan dengan selera saja. Ketika si kecil susah untuk makan buah tidak ada salahnya mencoba resep es campur yang segar dan nikmat di atas untuk membuat si kecil mau untuk mengkonsumsi buah. Mungkin cukup sekian resep es campur kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait