7 Cara Menghilangkan Stres Pikiran dalam Kehidupan Sehari-hari

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "7 Cara Menghilangkan Stres Pikiran dalam Kehidupan Sehari-hari".

Tutorial lifestyle | Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti menemui yang namanya masalah. Tentu semua orang berharap bisa tidak menghadapi masalah dan dapat menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan. Masalah datang karena berbagai faktor, di mana pun kita berada masalah bisa saja muncul.

Masalah yang datang bertubi-tubi dapat menjadikan pikiran kita stres. Jika kita terlalu larut dalam keadaan tersebut, banyak hal negatif yang akan muncul. Beberapa di antaranya adalah penurunan semangat kerja, mudah terserang penyakit, kebotakan di usia muda dan bahkan dapat memperburuk hubungan dengan orang yang kita cintai.

7 Cara Menghilangkan Stres Pikiran dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar ilustrasi


Stres yang berlebihan dapat memperparah kondisi tubuh manusia dan orang di sekitar kita. Oleh sebab itu, diperlukan adanya cara mengatasi stres agar tidak semakin berkembang. Pada tulisan kali ini, kami akan mencoba mengulas cara-cara tersebut agar Anda dapat lebih baik dalam mengelola diri dan mengatasi stres yang dihadapi.

1. Mengubah pola pikir

Pola pikir yang terbentuk ketika kita mengalami stres cenderung negatif. Kita pasti memikirkan hal buruk yang telah dialami, dan bahkan memikirkan efek buruk ke depannya. Kekhawatiran yang terlalu berlebihan sebenarnya tidak baik, apalagi jika kita khawatir akan sesuatu yang belum tentu terjadi karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi stres.

Kita harus menerapkan pola pikir yang positif. Tanamkan dalam pikiran bahwa masalah yang kita alami hanyalah ujian sementara yang pasti berlalu. Percaya bahwa ujian tersebut hanyalah untuk mempersiapkan diri kita kepada suatu kepercayaan yang lebih besar. Percaya bahwa dengan ujian ini, kita bisa mengambil suatu hikmah yang dapat kita jadikan sebagai pembelajaran ke depannya. Jika kita bisa melewatinya dengan baik, kita pasti akan menjadi suatu pribadi yang tangguh.

2. Berolahraga dengan teratur

Olahraga dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan stres yang ampuh. Dengan berolahraga, tubuh yang banyak beraktivitas akan melepaskan hormon serotonin yang mampu menciptakan perasaan bahagia dan meredam depresi. Selain itu, tubuh juga akan menjadi lebih sehat. Pilihlah olahraga yang ringan terlebih dahulu, seperti joging atau lompat tali.

Sebenarnya olahraga harus dilakukan apa pun kondisi kita, baik saat mengalami masalah atau tidak karena dengan olahraga yang rutin, tubuh akan terus berpacu untuk melakukan metabolisme dan membantu mengurangi pikiran stres yang menumpuk setiap harinya.

3. Memainkan game

Siapa yang tidak suka memainkan game? Aktivitas yang satu ini memang memiliki penggemar yang cukup banyak, dari muda hingga tua. Saat memainkan game, kita akan memasuki "dunia" yang berbeda, yaitu dunia penuh hiburan dan kegembiraan. Kita bisa sejenak melepaskan kepenatan dan fokus kepada kegembiraan yang ditawarkan oleh game yang kita mainkan.

Hanya saja untuk mengatasi stres, jangan memilih game yang membutuhkan konsentrasi ekstra dan memiliki tekanan tinggi. Pilih game kasual ringan, seperti game petualangan online yang biasanya memiliki alur kisah seru dan cara bermain yang menyenangkan.

4. Melakukan hobi

Hobi adalah kegiatan yang paling menarik dilakukan karena kita melakukan sesuatu yang sangat kita senangi. Hobi juga adalah cara paling mudah dalam mengatasi stres. Dengan melakukan hobi, pikiran kita akan rileks dan perasaan bisa menjadi bahagia. Dan yang paling penting, kita juga akan menjadi bersemangat ketika melakukan hobi sehingga pikiran stres dapat teralihkan.

Salah satu jenis hobi yang baik untuk dilakukan adalah memasak. Ya, aktivitas ini akan memacu kreativitas kita; pemilihan ( hingga cara masak tertentu untuk membuat masakan lezat dapat menjadikan seseorang yang hobi memasak larut dalam kegembiraan dan bisa mengurangi stres.

5. Beristirahat (Tidur)

Banyak orang bilang kalau stres, tidurlah untuk menghilangkannya. Hal tersebut memang benar karena dengan tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk meregenerasi dan menjadikan seseorang lebih semangat saat bangun. Kurang tidur dapat menurunkan konsentrasi sehingga rawan melakukan kesalahan dan dapat memperburuk kondisi stres.

Tidurlah dengan cukup, minimal 7 sampai 8 jam sehari agar kita lebih siap beraktivitas setiap harinya.

6. Mencoba menyelesaikan masalah (berkonsultasi)

Cara di atas memang ampuh untuk mengatasi stres yang dialami, namun jika sumber dari masalah tidak kunjung kita selesaikan, stres akan terus kembali walaupun kita sudah coba mengatasinya. Tinjau ulang kembali asal mula stres Anda, masalah apa yang menjadikan Anda stres. Kemudian pikirkan bagaimana masalah tersebut bisa terjadi, lalu coba cari pendekatan terbaik untuk dilakukan.

Anda mungkin butuh untuk berdiskusi dengan orang lain, seperti sahabat dan keluarga untuk membantu menyelesaikannya. Lebih baik membagi apa yang kita hadapi daripada memendamnya sendiri karena kita akan mendapatkan berbagai masukan baik untuk mengatasi masalah sekaligus mempererat hubungan dengan orang terdekat. Jika sumber masalah berhubungan dengan rekan kantor, Anda mungkin ingin berdiskusi secara baik-baik dan kekeluargaan dengan orang yang bersangkutan atau atasan.

7. Bergantung kepada Yang Maha Kuasa

Ketika semua cara sudah kita lakukan, hal yang harus kita lakukan berikutnya adalah mempercayakan semuanya kepada Yang Maha Kuasa. Percayalah kalau kita sudah melakukan yang terbaik, hasil selanjutnya berada di luar kendali kita dan hanya bergantung kepada Tuhan. Perbanyak doa dan amal untuk semakin mendekatkan diri kita dengan Tuhan. Selalu mengucap syukur senantiasa karena kita bisa hidup sampai sekarang ini adalah suatu anugerah terindah yang diberikan.

Semoga 7 cara mengatasi stres di atas dapat memberikan Anda manfaat dan dapat mengatasi stres yang dialami dengan segera. Amin.
INFO PENULIS
Penulis
Jan Oky
Facebook
https://www.facebook.com/okytr
Website
https://www.onlinegame.co.id/
Publised at

Artikel Terkait