Resep dan cara membuat bubur kampiun lezat dan manis

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Resep dan cara membuat bubur kampiun lezat dan manis". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien

Tutorial kuliner | Saat mendengar nama bubur kampiun apa yang pertama kali terlintas di benak kalian? Pastinya bentuknya cair karena namanya bubur, tapi untuk kata kampiun sendiri mungkin masih cukup asing di telinga kita. Bubur kampiun merupakan makanan khas dari tanah Minangkabau yakni daerah Bukit tinggi, Sumatera Barat.

Bubur kampiun terdiri dari berbagai campuran bahan makanan yang membuat cita rasanya jadi lembut dan juga manis. Biasanya terdiri bubur sumsum atau bubur putih, bubur ketan hitam, bubur candil atau conde, ketan putih yang dikukus, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau atau kacang padi dan kolak pisang atau ubi.

Resep dan cara membuat bubur kampiun lezat dan manis
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan membuat bubur kampiun lezat dan manis

Bahan Bubur Sumsum :
- 2 lembar daun pandan
- 1 sdt garam
- 600 ml santan
- 200 gram tepung beras, dicairkan dengan sedikit santan

Bahan Kolak Pisang :
- 4 buah pisang tanduk, dipotong-potong
- 2 sdt garam
- 2 lembar daun pandan
- 300 gram gula merah
- 1000 ml santan kelapa

Ketan Hitam :
- 1 butir kelapa setengah tua, diparut memanjang
- 500 gram ketan hitam kukus, siap pakai

Bahan Bubur Candil
- 300 gram tepung ketan
- 200 ml air hangat
- 1 sdt garam
- 1 sdt air kapur sirih
- 600 ml air
- 200 gram gula merah
-  2 sdm tepung beras, dilarutkan dengan sedikit air
- 2 lembar daun pandan

Setelah semua bahan disiapkan, selanjutnya kita memasuki tahap cara pembuatan. Cara membuat bubur kampiun ini tergolong mudah. Untuk lebih jelasnya langsung simak caranya berikut ini.

Cara membuat bubur kampiun yang lezat

1. Bubur sumsum - Siapkan panci untuk merebus, masukan bahan-bahan seperti santan, garam, dan daun sirih ke dalamnya. Tunggu semua bahan-bahan tersebut mendidih. Setelah mendidih, lalu tambahkan tepung beras yang sudah dilarutkan tadi. Aduk-aduk semua bahan sampai matang dan bentuknya mengental. Setelah matang dan mengental angkat panci dan sisihkan.
2. Kolak pisang - Masukkan gula merah, santan, daun pandan, dan garam ke dalam panci pemanas. Tambahkan pisang tanduk yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk sampai mendidih, setelah matang angkat dan sisihkan.
3. Bubur candil - Campurkan secara merata tepung ketan, air kapur sirih, dan garam. Tambahkan air hangat, lalu diuleni sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk. Ambil adonan sediki-demi sedikit lalu dibentuk bola-bola kecil.
4. Panaskan air, daun pandan dan gula merah. Masukkan bola-bola kecil tadi kemudian masak sampai mendidih dan mengapung. Masukkan larutan tepung beras, aduk-aduk sampai mengental kemudian angkat dan sisihkan.
5. Penyajian - Siapkan mangkuk, masukkan bubur sumsum, kolak pisang, bubur candil, ketan kukus, dan kelapa parut. Sajikan untuk 8 porsi.

Itulah cara membuat bubur kampiun yang lezat dan manis. Caranya cukup mudah tetapi diperlukan sedikit ketelatenan dalam pembuatannya. Selamat mencoba.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait