Ingin membuat kue pastel kering isi abon? berikut resep dan cara membuatnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Ingin membuat kue pastel kering isi abon? berikut resep dan cara membuatnya".

Tutorial kuliner | Kue pastel biasanya berisi sayuran dan berbentuk besar, jenis kue pastel ini disebut kue pastel basah. Namun pada jenis kue pastel kering isi abon biasanya lebih mini dan memiliki isian abon sapi. Rasanya yang enak dan lezat membuat kue ini menjadi menu yang sering ada pada saat hari raya. Kue pastel kering dapat disimpan dalam toples dalam waktu yang cukup lama daripada kue pastel kering. Oleh karena itu kue pastel kering lebih sering menjadi sajian dalam acara-acara besar.

Untuk membuat kue pastel kering isi abon hampir sama dengan pembuatan kue pastel basah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pastel kering pun sangat mudah, karena dapat ditemukan di pasar maupun toko bahan roti. Dan berikut ini resep membuat kue pastel kering isi abon yang dapat dilakukan :

Ingin membuat kue pastel kering isi abon? berikut resep dan cara membuatnya
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan kue pastel kering isi abon

- Tepung terigu dengan protein rendah sebanyak 250 gram
- Margarine yang dicairkan 50 gram
- Telur ayam 1 butir
- Garam ¼ sendok teh
- Penyedap rasa secukupnya sesuai selera
- Air secukupnya
- Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya
- Abon untuk isian pastel 100 gram.

Cara membuat kue pastel kering isi abon

1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat adonan dengan mencampur semua bahan yang ada seperti tepung terigu, garam, penyedap rasa, aduk hingga merata. Lalu masukkan telur dan aduk kembali hingga rata.
2. Setelah adonan tercampur dengan rata, masukkan kembali margarine yang sudah dicairkan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
3. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kilas. Uleni dengan menggunakan tangan sampai adonan tidak lengket pada tangan.
4. Jika adonan sudah tampak terlihat kilas, buat adonan menjadi tipis. Apabila tidak memiliki alat untuk menipiskan adonan dapat juga dengan menggunakan botol dengan cara adonan ditaruh pada loyang kemudian digilas hingga tipis.
5. Adonan yang sudah tipis dapat dibentuk menjadi lingkaran sesuai dengan selera. Bisa juga dibentuk dengan menggunakan tutup botol.
6. Tambahkan isian abon pada adonan kemudian bentuk lagi menjadi setengah lingkaran, lalu tutup adonan dengan menekan tepi adonan kulit.
7. Selanjutnya setelah semua adonan sudah terbentuk, goreng dengan menggunakan minyak goreng panas hingga matang.
8. Setelah matang sebelum dimasukkan ke dalam toples, tiriskan kue pastel kering dan diamkan hingga dingin.

Demikian resep kue pastel kering isi abon, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait