Kamis, Juni 07, 2018

Cara memasak kue wijen tepung ketan + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara memasak kue wijen tepung ketan + Video".

Tutorial kuliner | Di saat sedang santai seperti menonton tv atau mengobrol paling enak tentunya sambil makan camilan. Tentunya banyak sekali saat ini variasi camilan yang ada, salah satunya yaitu kue wijen tepung kentang. Rasanya yang renyah dan gurih membuat kue ini sangat digemari. Selain enak untuk dikonsumsi sendiri, kue ini juga sangat cocok disuguhkan bila ada tamu yang sedang berkunjung di rumah.

Banyak usaha kue wijen tepung ketan yang ada di sekitar pasar, namun alangkah baiknya jika ingin mengkonsumsi kue ini dapat dibuat sendiri di rumah. Membuat sendiri akan lebih terjaga kehigenisannya dari pada membeli. Selain itu dengan membuat sendiri lebih murah karena bahan-bahan pembuatan kue ini dapat dengan mudah dibeli di pasar maupun toko peralatan roti.

Cara memasak kue wijen tepung ketan
Gamar ilustrasi

Bahan-bahan membuat kue wijen tepung ketan :

- 200 gram tepung ketan
- 100 gram tepung kanji
- 100 gram gula pasir
- 100 gram wijen
- garam 1 sendok teh atau secukupnya sesuai selera
- Baking powder 1 sendok teh
- Telur ayam 4 butir
- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan
- 1 butir putih telur

Cara membuat kue wijen tepung ketan

1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencampur seluruh adonan seperti tepung ketan, tepung kanji, gula pasir, garam, dan baking powder dalam wadah besar. Kemudian aduk hingga rata.
2. Masukan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata, setelah mengaduk rata dengan spatula aduk lagi dengan menggunakan tangan hingga adonan tidak lengket lagi.
3. Setelah dirasa adonan tidak lengket, ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi bulatan kecil.
4. Adonan yang sudah dibentuk bulat kecil lalu dimasukkan ke dalam putih telur lalu digulingkan ke mangkuk dengan wijen. Biarkan wijen menempel pada adonan tersebut.
5. Lakukan cara ini hingga adonan habis. Setelah itu siapkan minyak panas.
6. Goreng adonan dalam minyak panas dengan nyala api sedang.
7. Biarkan adonan menjadi kecoklatan atau matang, lalu angkat dan tiriskan
8. Kue wijen tepung ketan siap untuk dihidangkan

Demikian informasi tentang cara membuat kue wijen tepung ketan, cukup mudah dan sederhana jika akan dibuat di rumah. Bisa saja kue wijen tepung ketan ini menjadi usaha.

Video Cara memasak

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat cara memasak dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami. Selamat menyaksikan dan memahami.