Cara modifikasi themes smartphone oppo untuk pemula

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara modifikasi themes smartphone oppo untuk pemula". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial android | Beberapa waktu lalu saya bergabung dengan group facebook oppo themer community Indonesia, disana saya banyak mendapatkan ilmu tentang cara memodif thema atau tampilan android pada smartphone Oppo saya. Dari mulai membuat sinyal menjadi berwarna, merubah tampilan 4G menjadi 5G, mengganti icon-icon di dalamnya, dan lain sebagainya.

Selain tempat belajar membuat dan memodif themes smartphone android khususnya merek Oppo, disana juga kita bisa menemukan berbagai themes hasil buatan para senior, dari berbagai kategori tersimpan dan di share di group sana.

Awalnya saya hanya menikmati themes yang sudah di share di sana, tapi lama kelamaan saya juga tertarik untuk memodif sendiri thema android sehingga bisa sesuai dengan keinginan saya. Dan pastinya ada kebanggaan tersendiri.

Saya sendiri baru belajar memodif thema sehari yang lalu, jadi masih perlu banyak lagi belajar untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Nah, supaya saya tidak lupa step by stepnya memodif themes android, di kesempatan ini saya akan share cara saya memodif thema untuk smartphone Oppo. Dan berikut ini adalah diantara hasil modifan saya.

Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan


Bagi sobat yang juga ingin belajar memodif thema untuk smartphone sobat sesuai dengan keinginan, yuk kita belajar bersama disini. Cara dan alat-alatnya adalah sebagai berikut.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat dan memodif thema smartphone android

1. Es file Exploler sobat bisa langsung mendownloadnya di playstore. Aplikasi ini berguna untuk mengexstrak file theme sehingga bisa di modif.
2. Root Exsploler silahkan download di playstore. Aplikasi ini berguna untuk men Zip (compres) file yang sudah selesai kita modif.
3. Aplikasi atau software pengedit gambar yang mendukung format PNG. Karena saya kurang hapal dan familiar dengan aplikasi pengedit gambar di smartphone, jadi saya menggunakan photoshop untuk mengedit gambar yang ingin kita rubah. Pungsinya untuk mengganti icon pada android dengan icon yang kita sukai.
4. Theme dasar atau yang sudah jadi untuk dijadikan bahan pengeditan theme. Pada tutorial ini saya menggunakan theme iOs 10 yang di share di group Oppo A37 Indonesia. Silahkan di download dului themanya di sini theme iOs 10 for android.
5. Icon-icon baru yang akan digunakan untuk mengganti icon-icon lama. Sobat bisa membuatnya sendiri atau download icon di internet supaya lebih cepat.
6. snack dan minuman dingin jika diperlukan.

Setelah alat tempurnya siap, baru kita mulai mengeksekusi themes supaya menjadi seperti yang kita inginkan.


Cara modifikasi themes smartphone android

1. Buka aplikasi Es file exploler kemudian cari file iOs_10.theme yang sudah sobat download tadi. Biasanya ada di folder download.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

2. Klik sambil di tahan file iOs_10.theme kemudian klik rename dan tambahkan .zip pada nama belakannya, sehingga menjadi iOs_10.theme.zip kemudian klik Ok, sehingga formatnya berubah menjadi .zip
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

3. Tekan dan tahan file iOs_10.theme.zip lalu klik more > extract to > Ok sehingga kita akan mendapatkan folder iOs_10.theme yang siap dibongkar.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

4. Buka folder iOs_10.theme, disana sobat akan menemukan banyak file. Untuk mengedit atau memodifikasi gambar sinyal, statusbar, wifi dan lain-lain, pengaturannya ada di file com.android.systemui sedangkan untuk merubah icon-icon aplikasi tersimpan pada file icons. Yang lainnya silahkan sobat coba-coba sendiri.

5. Supaya kita bisa mengediti isi dari file com.android.systemui, icon dan lainnya, terlebih dahulu sobat harus mengganti namanya seperti pada langkah nomor 2 diatas. Yakni dengan menambahkan .zip
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

6. Sampai tahap ini, gambar icon-icon smartphone sobat sudah bisa di porek, baik di computer maupun di smartphone langsung. Saya pribadi lebih leluasa mengganti icon-icon ini di computer. Karena itu saya copy seluruh folder iOs_10.theme.

7. Setelah di computer saya akan coba memberikan tips mengganti icon camera, yang harus sobat lakukan adalah buka file icons.zip > res > drawable-xxhdpi. Untuk mempermudah, silahkan exstract folder drawable-xxhdpi yang didalannya berisikan banyak icon smartphone sobat. Sehingga tampilannya seperti ini.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

8. Buka gambar camera yang akan kita ganti dengan menggunakan photoshop, kemudian klik menu file > place embedded lalu cari gambar pengganti camera yang lama. Sesuaikan gambar seperti berikut ini.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

9. Hapus gambar camera lama, sehingga yang tersisa gambar kamera baru. setelah itu save seperti biasa dengan nama yang sama dan berformat PNG. Ingat nama tidak boleh dirubah sedikitpun! Sehingga gambarnya menjadi seperti ini.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

10. Lakukan hal yang sama seperti pada langkah nomor 8 – no 9 pada icon-icon yang lainnya. Sampai semuanya siap. Setelah selesai, silahkan copy folder drawable-xxhdpi ke dalam icons.zip\res untuk mengganti folder yang lama.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

11. Setelah semuanya selesai, sekarang pindahkan lagi folder iOs_10.theme ke smartphone sobat.

12. Buka aplikasi Root Exsploler, kemudian cari folder iOs_10.theme, kemudian buka folder tersebut dan tahan file icons.zip > rename > hapus kata .zip. Sehingga menjadi icons.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

13. Kembali ke folder iOs_10.theme, lalu tahan folder tersebut, klik yang berada di pojok kanan atas >  zip this folder tunggu sampai proses selesai lalu pilih go to zip
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan


14. Setelah selesai, sekarang rename lagi dengan membuang kata .zip. misalnya saya menggantinya menjadi iOs_10V7.theme. Sekarang theme hasil modifan sobat sudah jadi dan siap di gunakan.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

15. Untuk mempermudah pencarian, silahkan copy theme android yang sudah jadi ke folder yang mudah di jangkau. Misalnya saya menyimpannya di folder download.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan

16. Tahap terakhir adalah menerapkannya pada smartphone sobat. Caranya dengan cara klik file kemudian cari file iOs_10V7.theme > Apply. Silahkan lihat hasilnya.
Cara modifikasi themes smartphone android sesuai keinginan


Tips-tips modif themes oppo dengan smartphone

a. Extract semua file yang sudah diganti namanya pada langkah nomor 5 diatas dengan menggunakan Es file Exploler
b. Setelah semia file di extract, hapus saja file yang masih berformat zip.
c. Klik tombol home pada smartphone oppo sobat, kemudian pilih pengelolaan file.
d. Buka folder iOs_10.theme kemudian pilih folder-folder yang ada di dalamnya. Maka sobat akan menemukan banyak gambar-gambar yang siap diganti. Saat mengganti gambar, nama file gambar harus sama persis dengan nama aslinya. Sobat bisa mengganti atau memodifnya dengan aplikasi pengedit photo yang mendukung format png di smartphone sobat.
e. folder lockscreen untuk mengedit gambar kunci layar, folder widget untuk mengedit widget seperti cuaca dan jam, folder photo untuk mengedit tampilan preview saat kita mau memasang theme, folder com.android.systemui untuk mengedit icon-icon bar yang ada di atas seperti icon sinyal, batre, wifi, mode pesawat dll, folder com.oppo.launcher untuk mengedit icon yang baru kita instal, folder icon untuk mengedit icon-icon seperti kontak, sms, playstore dll, folder wallpaper untuk mengedit wallpaper. Yang lainnya silahkan dicoba-coba sendiri
f. setelah pengeditan icon-icon selesai, silahkan lanjutkan kembali seperti pada langkah nomor 12 sampai selesai.

Nah. Akhirnya selesai sudah. Itulah tutorial dasar memodif themes android supaya sesuai dengan keinginan kita sendiri. untuk selanjutnya, silahkan sobat kembangkan sendiri sampai tampilan yang diharapkan terwujud.

Mohon maaf jika pemaparannya kurang jelas, karena saya juga masih dalam tahap belajar. Buat para master, ditunggu ya masukannya. Yang sudah berhasil modif themes smartphonenya, silahkan kirim screenshotnya di kolom komentar yah, Semoga bermanfaat.