Cara memasak resep udang asam manis lezat mantap

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara memasak resep udang asam manis lezat mantap". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial kuliner | Siapa sih yang tak suka dengan olahan seafood. Makanan asal laut ini tak hanya bergizi tinggi, namun juga banyak dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dengan cita rasa menawan.

Dan dari sekian banyak jenis seafood, udang adalah salah satu yang paling populer. Dimana biasanya udang diolah menjadi udang goreng tepung, campuran cap cay dan lain sebagainya.

Namun, kali ini anda bisa mencoba resep yang berbeda untuk mengolah udang, yaitu resep udang asam manis. Ya, tak hanya cumi atau kerang saja yang dapat dimasak asam manis, namun udang juga bisa dibuat menjadi tumisan asam manis yang penuh cita rasa.
 Cara memasak resep udang asam manis lezat mantap
gambar ilustrasi
Nah berikut ini resep udang asam manis selengkapnya.

Bahan-bahan membuat masakan udang asam manis

a. Udang ½ kg, kemudian bersihkan
b. minyak kelapa atau margarin secukupnya

Bahan-bahan bumbu masakan udang asam manis

a. Garam halus secukupnya
b. Gula secukupnya
c. Saus bangkok (bila suka)
d. 5 siung bawang merah
e. 3 butir bawang putih
f. 1 butir bawang bombay, lalu cincang halus
g. 5 buah cabai merah atau lebih untuk anda yang suka pedas
h. 1 sendok teh air asam jawa

Cara membuat masakan udang asam manis lezat

1. Pertama-tama, haluskan bawang putih, bawang merah, cabai dan garam.
2. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan minyak kelapa atau mentega. Oseng bumbu halus yang telah disiapkan sebelumnya.
3. Jika sudah tercium aromanya, kemudian masukkan cincangan bawang bombai.
4. Tumis hingga layu dan aromanya tercium.
5. Setelah itu, masukkan udang dan bolak balik hingga bumbu melumuri seluruh bagian udang.
6. Tunggu beberapa saat baru kemudian masukkan saus bangkok dan kecap serta air asam jawa.
7. Tutup udang hingga warnanya berubah kemerahan. Sesekali aduk udang agar saus dan kecap meresap sempurna ke dalam udang.
8. Angkat dan sajikan dalam piring

Udang asam manis ini paling cocok dinikmati bersama nasi putih hangat. Nah waktu paling tepat untuk mencoba resep udang asam manis ini adalah pada malam hari, yaitu untuk santap malam bersama orang terkasih.

Nah sebagai pelengkap dan penambah kesempurnaan rasa udang asam manis yang anda buat, tambahkan pecak sayur atau cap cay brokoli. Untuk minumannya sendiri, anda bisa memilih es lemon atau es kelapa muda. Dengan begitu tak hanya bersantap makan lezat, namun kebutuhan gizi anda juga akan terpenuhi dengan baik.

Selamat mencoba and happy cooking.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
Publised at