Cara mudah membuat piagam penghargaan dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mudah membuat piagam penghargaan dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial Photoshop | Beberapa minggu lalu saya dapet tugas untuk membuat piagam yang akan di berikan pada saat acara Baksos. Nah, mungkin ada baiknya juga cara membuat piagamnya saya share sekalian disini. Siapa tahu sobat juga sedang membutuhkan bagaimana caranya membuat piagam dengan menggunakan photoshop.

Apa itu piagam?

Sebelum saya melanjutkan cara membuat piagam dengan photoshop, ada baiknya saya sedikit memberikan penjelasan tentang apa itu piagam? Sebagaimana yang saya kutip dari kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), piagam itu berarti “surat (tulisan pd batu, tembaga, dsb) resmi yg berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dsb atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tt ikrar dsb)”

Cara mudah membuat piagam penghargaan dengan photoshop

Nah setelah sobat sedikit faham apa itu piagam, saatnya kita mulai membuatnya dengan menggunakan photoshop. Silahkan sobat siapkan dulu gambar bingkai piagam yang menurut sobat keren. Sobat bisa mendapatkan gambar piagam di google image bingkai piagam.

Cara membuat piagam dengan photoshop

1. Silahkan sobat buka Photoshop sobat, kemudian buatlah lembar kerja baru dengan klik Ctrl + N, kemudian atur ukurannya menjadi A4 (297 x 210 mm). dengan resolusi 100

2. Masukan gambar bingkai piagam yang sudah sobat siapakan tadi. Caranya klik menu file > place embedded > temukan lokasi gambar bingkai tadi kemudian klik Ok. Setelah gambar bingkai masuk klik enter.
Cara mudah membuat piagam penghargaan dengan photoshop

3. Tempatkan Logo pemberi piagam di tengah-tengah kertas, kemudian rubah opacitynya menjadi 15 %. *opacity disesuaikan. Baca cara mudah membuat logo
Cara mudah membuat piagam penghargaan dengan photoshop

4. Tambahkan Logo dan Tulisan-tulisan yang diperlukan, seperti nama penerima dan dalam rangka apa piagam tersebut di berikan. Lihat gambar untuk contoh penulisannya.
Cara mudah membuat piagam penghargaan dengan photoshop
Keterangan :
1. Horizontal type tool alat untuk membuat tulisan di photoshop
2. Logo yayasan si pemberi piagam. Sobat juga bisa menambahkan nama yayasannya.
3. Tulisan SERTIFIKAT. Saya menggunakan font Castellar Regular size 36
4. Tulisan diberikan kepada, menggunakan font Brush Script MT Italic size 18
5. Nama penerima piagam. Disini saya menggunakan font Brush Script Std Medium size 30
6. Keterangan dalam rangka apa piagam diberikan. Menggunakan font Cataneo BT Regular size 18
7. Nama ketua yayasan. Kolom kosong untuk tempat tanda tangan dan stempel. Baca cara membuat stemple dengan photoshop

5. Untuk menambah keren sertifikat, tambahkan tulisan nama yayasan secara berulang-ulang. Dan tempatkan tepat diatas layer gambar bingkai piagam, kemudian ganti opacity menjadi 10 %
Cara mudah membuat piagam penghargaan dengan photoshop

Sekarang piagam penghargaan sudah siap di print. Silahkan simpan dengan format pdf agar mudah mencetaknya. Tutorial piagam penghargaan ini hanya satu contoh, sobat bisa membuatnya dengan desain yang lebih keren. Semoga bermanfaat.