Menjadi penulis tamu (guest blogger) di tutorial89.com

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Menjadi penulis tamu (guest blogger) di tutorial89.com". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Guest blogger atau penulis tamu adalah seseorang yang menulis atau mengirim sebuah artikel ke blog atau website orang lain untuk diterbitkan di blog/webset tersebut. Dengan menerbitkan artikel kita di blog/website orang lain, kita bisa meningkatkan popularitas kita sebagai penulis, menarik pengunjung ke blog kita terutama jika blog yang kita jadikan tempat mempublish artikel ber visitor banyak. Sekaligus semakin melatih keahlian kita dalam menulis sebuah artikel.

Dengan menjadi penulis tamu disebuah blog ini sebenarnya kita sudah membangun hubungan simbiosi mutualisme atau hubungan saling menguntungkan. Si empu blog mendapat artikel baru yang bisa di baca oleh pengunjungnya, si penulis bisa mengenalkan diri dan blognya sehingga semakin terkenal. Ditambah lagi kita bisa memperbanyak backlink untuk blog kita, sehingga *kata orang akan semakin bagus dari sudut pandang SEO.

Menjadi penulis tamu (guest blogger) di tutorial89.com

Untuk itu, kami mengundang para pembaca dan pengunjung blog www.tutorial89.com untuk sama-sama menjadi penulis blog di sini. Artikel yang sobat tulis dan dipublish di blog ini tetap akan menggunakan nama sobat sebagai penulis. Adapun syarat-syarat menjadi penulis artikel di blog ini adalah sebagai berikut.

Syarat-syarat menjadi penulis tamu

1. Artikel yang di kirim untuk di publish adalah artikel dalam bentuk tutorial bergambar. Sobat bisa menulis tutorial photoshop, office, internet, android, corel draw, memasak, otomotif, blogging atau apa saja yang penting bukan tutorial yang melanggar hukum.
2. Artikel bukan hasil copy paste dari blog atau media manapun. Tetapi diperbolehkan me rewrite dengan gaya bahasa sendiri, akan tetapi screen shoot tutorial harus milik peribadi.
3. Artikel tutorial yang dikirim adalah tutorial yang sudah diuji kebenarannya alias bukan artikel fake. Segala bentuk yang termuat dalam artikel adal tanggung jawab penulis. Tidak ada batas minimal jumlah kata.  Yang penting artikel tutorial yang ditulis bisa dipahami oleh pembaca. 
4. Gambar atau model yang digunakan tidak boleh gambar yang “mengumbar aurat”. Dan gambar yang dipakai adalah gambar milik pribadi atau gambar yang tidak berhak cipta komersil.
5. Sobat diperbolehkan menyisipkan 2 (dua) backling ke blog sobat, dengan syarat link tidak menuju kepada blog atau website yang melanggar hukum Google adsense dan pemerintahan Indonesia.
6. Mengisi info penulis meliputi; nama penulis, nama website, facebook
7. Dianjurkan untuk menjawab komentar dari pengunjung blog pada artikel yang sobat tulis.

Itulah syarat-syarat yang harus sobat penuhi jika ingin menjadi penulis tamu di blog tutorial89 ini. jika artikel tutorialnya sudah siap. Sobat bisa langsung mengirimkannya ke email suhendar1423 [at] yahoo.co.id dengan judul : penulis tamu | kategori. Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan langsung pada kolom contact us. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi hubungan simbiosis mutualisme.