Cara mudah mengetik tulisan arab langsung di photohshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mudah mengetik tulisan arab langsung di photohshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial Photoshop | Karena kesibukan saya di dunia nyata, jadi blog ini jarang mendapatkan updatean rutin seperti dulu lagi. Tapi walaupun demikian saya akan mengusahakan untuk selalu menyempatkan diri mengupdate tutorial-tutorial yang bermanfaat di blog ini. Nah pada kesempatan kali ini saya ajan berbagi trik supaya photohsop sobat bisa mengetik tulisan bahasa arab secara langsung seperti di Microsoft word.

Jika di tutorial yang dahulu saya perah share bagaimana caranya membuat tulisan arab di photohsop dengan menggunakan berbagai cara, akan tetapi prosesnya agak sedikit merepotkan jika ingin membuat tulisan secara costum, walaupun untuk hal-hal tertentu trik yang dulu masih lebih unggul disbanding trik yang akan saya share kali ini.

Secara default, photohsop yang kita instal di komputer kita tidak mendukung tulisan bahasa arab. Artinya, jika kita menulis huruf arab di photoshop maka hasilnya akan putus-putus dan hurub arab ditulis dimulai dari kiri ke kanan. Padahal tulisan arab itu ditulis dari kanan ke kiri. Coba perhatikan gambar berikut ini.

Cara mengetik huruf arab langsung di photoshop

Nah, bagaimana supaya tulisan arab yang kita tulis di photoshop tidak putus-putus seperti pada gambar diatas? Apakah kita bisa menulis tulisan arab seperti kita mengetik tulisan arab di Microsoft word? Jawabannya tentu saja bisa sekali. Dan ternyata caranya sangat mudah sekali. Jika sobat tertarik untuk menyetik photohsop sobat agar bisa mengetik tulisan arab langsung, silahkan ikuti step by step berikut ini.

Cara mengetik huruf arab langsung di photoshop

1. Pastikan komputer sobat sudah diaktifkan keyboard bahasa arabnya. Jika sobat belum mengaktifkan keyboard bahasa arabnya, silahkan aktipkan dulu. Cara menyettingnya bisa sobat lihat di cara mengetik tulisan arab di komputer

2. Buka photoshop sobat kemudian buat lembar kerja baru, dan cobalah untuk mengetik tulisan arab. Jika hasilnya sama seperti gambar di atas berarti photoshop sobat perlu di setting supaya tulisan arabnya benar.

3. Klik Ctrl + K > Type > middle eastern and shout asia kemudian klik ok.
Cara mengetik huruf arab langsung di photoshop

4. Sekarang Restart (tutup kemudian buka kembali) photoshop sobat. Setelah direstart silahkan buat lembar kerja baru lagi dan mulailah untuk mengetik huruf arab. Dan hasilnya adalah seperti pada gambar berikut ini.
Cara mengetik huruf arab langsung di photoshop

Selamat, kini photoshop sobat sudah bisa langsung mengetik huruf arab langsung di photoshop sobat. Silahkan langsung diparktekan untuk mengetik tulisan arab yang lainnya. Semoga bermanfaat.