Cara membuat stiker foto sendiri dengan photohsop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat stiker foto sendiri dengan photohsop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photohsop | Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas bagaimanan membuat efek stiker pada foto dengan menggunakan photoshop. Sobat pasti tahu dong apa itu stiker….? Jika pada jaman sekolah saya dulu, biasanya ada abang-abang yang jualan di amparin. Nah… salah satu jualan yang dijajakannya adalah stiker. Dengan harga yang murah meriah yang terjangkau oleh anak SD sekalipun stiker ini cukup laris. Apa lagi gambar stikernya adalah gambar jagoan favorite anak-anak.

Kalau dulu kita membeli stiker dengan gambar kartun-kartun terkenal, sakarang saya akan mengajak sobat untuk membuat stiker dengan menggunakan photoshop sobat sendiri. Tentu hasilnya akan lebih ok bukan…?

Cara membuat stiker foto dengan photohsop

O ya, walaupun sobat sudah tahu yang seperti apa stiker itu, di sini saya akan bukakan kamus besar bahasa Indonesia untuk mencari tahu apa sih stiker itu. Dan ternyata stiker menurut KBBI adalah lembaran kecil kertas atau plastic yang ditempelkan

Nah, pembukaannya segitu aja dulu yah, sekarang kita langsung menuju acara yang dinanti-nantikan.

Cara membuat efek stiker foto dengan photoshop

1. Buka photo yang akan dijadikan efek stiker dengan menggunakna photoshop. Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan photo saya beserta ibu dan nenek dalam sebuah mobil.

2. Sleksi foto dengan menggunkan polygon lasso tool (L). Setelah terseleksi gambar yang diinginkan, silahkan klik Ctrl+J untuk menduplikat gambar yang sudah di seleksi.
Cara membuat stiker foto dengan photohsop

3. Klik layer background, kemudian klik icon create a new layer yang seperti gambar kertas terlipat untuk membuat layer baru.
Cara membuat stiker foto dengan photohsop

4. Beri warna abu-abu atau warna yang sobat sukai pada layer yang tadi telah kita buat. Sobat bisa melakukannya dengan menggunkaan paint bucket tool (G)
Cara membuat stiker foto dengan photohsop

5. Double klik layer 1 (layer foto yang akan di beri efek stiker), kemudian tambahkan efek stroke dan efek Drop shadow.
Cara membuat stiker foto dengan photohsop

6. Tambahkan beberapa tulisan pada background dengan tulisan yang sobat kehendaki. Sobat bisa melakukannya dengan menggunakan horizontal type tool (T)
Cara membuat stiker foto dengan photohsop

Sampai tahap ini sobat sudah sukses membuat foto seperti stiker dengan hanya menggunakna photoshop. jika sobat mau, sobat bisa menjadikan foto yang sudah diberi efek stiker ini menjadi stiker beneran. Sobat tinggal melakukan printout dengan menggunkana kertas stiker. Untuk satu lembar ukuran A3 harganya Cuma sekitar Rp.5.000,- saja. Semoga bermanfaat.