Cara membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat 2016

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat 2016". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Beberapa saat lagi kita akan memasiku bulan suci Ramadhan tahun 1437 H yang akan jatuh pada bulan juni 2016. Pada saat itu seluruh umat muslim di dunia “diwajibkan” untuk melaksanakan ibadah puasa.  Hal tersebut sungguh sangat jelas termaktub dalam Surat Al Baqarah ayat 183 sebagai berikut ini:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Cara membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat 2016

Jadwal imsakiyah adalah bagian yang tak terpisahkan dari puasa ini. Kita bisa mengetahui kapan waktu boleh makan minum dan kapan semua itu harus di stop. Waktu imsakiyah dan berbuka puasa di setiap daerah berbeda-beda. Itulah sebabnya kita tidak bisa menggunakan jaddwal imsakiyah daerah Indonesia bagian timur jika kita tinggal di Indonesia bagian barat.

Nah, karena itu, mari kita membuat jadwal imsakiah menurut daerah  tempat kita tinggal masing-masing. Cara membuat jadwal imsakiyah ini sangat mudah sekali kok. Jika sobat tertarik, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Membuat jadwal imsakiyah 2016 seluruh wilayah Indonesia

Dibagian ini saya akan mengajak sobat untuk membuat jadwal imsakiyah menurut daerah sobat masing-masing. Seperti yang saya sebutkan di atas, jadwal imsakiyah dan waktu sholat itu berbeda disetiap daerahnya, jadi pastikan sobat mengetahui sekarang sedang tinggal di kota apa.

1. Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan daerah mana yang akan kita buat jadwal imsakiyah dan waktu sholatnya. Karena saya tinggal didaerah tangerang, jadi saya akan membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat di bulan puasa ini berdasarkan waktu kota tangerang.

2. Silahkan masuk ke situsnya Kementrian Agama Republik Indonesia lalu silahkan sobat pilih propinsi kota dan tahunnya menurut daerah masing-masing. Setelah terisi klik tombol tampilkan jadwal Imsakiyah
Cara membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat 2016

3. Setelah gambar jadwal imsakiyah untuk daerah yang sobat cari tampil, silahkan download dengan format excel

4. Setelah terdowload, silahkan buka jadwal imsakiyah 2016 dengan menggunakan Microsoft excel. Silahkan edit hal-hal yang perlu di edit. Seperti membuang atau menambahkan kata-kata yang tidak perlu, merubah warna atau tambahan desain lainnya. Untuk desain lebih lanjut sobat bisa menggunakan photoshop.
Cara membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat 2016

5. Setelah selesai, jadwal imsakiyah untuk bulan ramadah 1437 H / Juni 2016 sudah siap di printout dan dipasang di dinding kamar sobat.

Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin semoga bulan ramadhan ini kita bisa sukses menjalankan ibadah puasa hingga selesai. Amin.