Jumat, Mei 20, 2016

Proses menuju runner up lomba SEO IAPD

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Proses menuju runner up lomba SEO IAPD".

Tips Internet | Pada awal bulan mei 2016 ini, sebuah communities google+ Indonesia Adsense Publisher Discussion (IAPD) menyelenggarakan lomba seo yang diikuti oleh para membernya. Lomba seo ini terwujud atas ide mas +Nino Artikel yang kemudian disambut oleh para moderator dan member. Kata kunci (keyword) yang dilombakan adalah “potensi blog untuk generasi muda”

Setelah dua minggu lebih berlalu akhirnya pengumuman pemenang lomba seo pun diumumkan oleh mas +must teguh pada hari ini. Dari deretan nama yang disebutkan itu ternyata nama saya terpajang menduduki posisi kedua. Senang, bangga, sedikit tidak percaya saya bisa menjadi runner up dari lomba SEO ini. Padahal saya bukanlah orang yang bergelut dibidang SEO, bahkan saya banyak tidak faham istilah-istilah seo yang sering master-master sebut.

Proses menuju runner up lomba S.E.O IAPD

Nah, dikesempatan kali ini saya akan coba menceritakan apa saja yang saya lakukan sehingga saya bisa bertahan di page one urutan kedua. Secara pasti saya juga tidak tahu persis factor-faktor apa saja, sebuah artikel itu bisa masuk page one google, karena ini memang bukan bidang saya. Namun sebelum saya bercerita, izinkan saya untuk mengucapkan terimakasih kepada mbak +Indri Lidiawati sebagai owner comunitas IAPD, mas +Nino Artikel sebagai penggagas ide lomba SEO, mas +Gani Sebastian,  mas +must teguh dan moderator lainnya sebagai panitia lomba SEO, mas +Nobertus Marcel Prayogi selaku pencari sponsor, DewaWeb selaku sponsor utama dan semua pihak yang ikut andil yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Persiapan membuat artikel

Setelah keyword diumumkan oleh pihak panitia lomba, saya mulai mencoba memahami apa maksud dari kata kunci itu. Setelah ada sedikit gambaran saya mencari referensi dari google yang akan saya jadikan bahan untuk saya rangkum menjadi sebuah artikel yang akan diikutkan untuk dilombakan. Susunan artikel yang saya gunakan adalah :

1. Prolog – prolog ini saya gunakan untuk basa-basi sekaligus menancapkan beberapa keyword sebagai penguat. Pastikan bubuhkan kalimat yang dapat menarik perhatian para pengunjung untuk tetap bersedia membaca pada kalimat berikutnya.

2. Isi materi Pokok – Setelah prolog untuk basa-basi dirasa cukup, saya mulai menysusn isi dari materi yang akan saya sampaikan. Karena saya faham sedikit sekali orang yang suka membaca kalimat prolog yang isinya Cuma basa-basi, di bagian prolog ini saya tulis judul isi materi dengan heading 2 sehingga mudah dibedakan dari prolog dan memberikan pilihan kepada para pengunjung yang ingin memilih langsung membaca pada acara inti.

3. Penutup – setelah materi pokok tersampaikan sepertinya tidak enak kalau tidak ditutup dengan kalimat penutup. Dikalimat penutup ini saya biasanya memberikan beberapa kesimpulan dan ajakan.

Di dalam artike yang saya tulis, saya mengusahakan supaya memuat artikel lain yang ada hubungannya dengan artikel yang sedang dibahas. Juga menyertakan link sumber referensi yang saya gunakan. Saya juga menyematkan gambar ilustrasi sebagai pemanis artikel.

Share ke berbagai social media

Setelah artikel selesai dibuat dan dipublish, saatnya menyebarkan artikel itu keteman-teman saya yang ada di berbagai social media. Dari sini saya juga mendapatkan backlink. Kata para master ini disebut dengan seo off page. Untuk menghemat waktu share, saya memasang tombol share this diblog saya. Tombol share this ini sudah sangat kumpit sekali, berbagai social media terdapat disini. Bagi sobat yang tertarik untuk memasangkan di blognya, silahkan baca tutorialnya di cara mudah memasang tombol share komplit di bawah blog. *jangan share sekaligus dalam satu hari, lakukan secara bertahap

Membuat artikel terkait

Artikel terkait yang saya maksud di sini adalah artikel yang dapat memberikan backlink pada artikel artikel yang dilombakan. Waktu itu saya membuat artikel 54 plugin wordpress yang harus dimiliki untuk situs web bisnis. Selain membuat artikel baru, saya juga mengedit artikel lama yang dirasa ada hubungannya dengan artikel yang dilombakan dan menyematkan backlink di artikel tersebut.

Blog walking untuk dapatkan backlink

Setelah waktu pengumpulan artikel ke panita habis, disaat itu pula pengeditan artikel tidak diizinkan lagi. Nah, disaat itulah pengoptimalan seo on page sudah selesai. Saatnya menanam backling di blog lain. Menurut saya menanam backlink yang paling mudah adalah dengan cara berkomentar di blog yang memiliki forum comment luv. Sekali berkomentar dua backlink langsung tertanam di artikel tersebut, itulah salah satu keuntungan dari berkomentar di blog comment Luv. Bagi sobat yang ingin mencari blog yang memiliki comment Luv, silahkan ikuti tutorialnya di cara mudah mendapatkan blog comment luv.

Entri yang diunggulkan

Setelah memantau perkembangan di google.co.id ternyata, persaingan di page one sungguh sangat ketat. Walaupun artikel saya sudah berhasil menerobos page one tapi belum bisa bertengger di top one. Sepertinya saya masih harus menambah amunisi lagi.

Nah dari situlah saya menggunakan pasilitas “entri yang diunggulkan” yang terdapat di blogger. Tujuannya adalah untuk menambah view dari pengunjung blog yang mampir ke blog www.tutorial89.com,

Nah, itulah beberapa langkah yang saya lakukan ketika mengikuti lomba SEO IAPD tahun 2016 ini. Bukan berarti pemaparan saya di atas ini yang membuat artikel blog tutorial89.com bisa masuk page one. Ada banyak hal yang mendukung itu semua, yang saya sendiri tidak tahu persis. Bagi sobat yang mau menambahkan factor-faktor lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar yah.

Para pemenang lomba SEO IAPD

Sebelum saya tutup cerita proses menuju runner up lomba seo ini, saya akan memberikan bonus kepada para pemenang lomba ini dengan memberikan backlink gratis kepada blog mereka. Inilah 10 besar pemenang lomba SEO IAPD yang diselengarakan pada bulan mei 2016.

1.  Didin Ajidin | www.strukturkode.blogspot.com
2.  Ujang Suhendar | www.tutorial89.com
3.  Nobertus Marcell Prayogi | www.badubarco.com
4.  Abdul Rahman | www.mobilkeren.com
5.  Mukhamad Aristo | www.kabeka.net
6.  Mukhlis Ahadi | www.wap.my.id
7.  Teguh Cahyono | www.mengelolablog.com
8.  Loker Lampung | www.creatwe.com
9.  Alfi Satya | www.solusismart.com
10. M. Falikhin | www.tips.lintaskota.com

Demikianlah ceritanya. Bagi yang belum berkesempatan untuk masuk 10 besar, jangan menyerah yah. coba lagi dilain waktu. bagi peserta lainnya yang masuk sepuluh besar ditunggu juga loh ceritanya :). Semoga bermanfaat.