Senin, April 18, 2016

Cara cepat membuat efek foto kanvas dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara cepat membuat efek foto kanvas dengan photoshop".

Tutorial photoshop | Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit share cara mudah dan cepat membuat efek menjadi seperti dibuat dalam media canvas. Tutorial ini sangat mudah sekali karena saya hanya akan menggunakan filter yang sudah di sediakan photoshop. Jadi dapat dipastikan tutorial ini bisa diikuti oleh pemula sekalipun. Dan caranya pun mirip dengan cara membuat pathwork dengan photoshop yang beberapa minggu lalu saya share di blog www.tutorial89.com

Sebelum saya melanjutkan kepada pembahasan inti yang ditunggu-tunggu jutaan pembaca (*ngarep pake banget), saya akan sedikit mengutip tulisan dari Wikipedia yang berkaitan dengan canvas ini.

Apa itu canvas ?

Seperti apa yang saya kutip dari Wikipedia Indonesia, Canvas adalah kain yang berlapis cat campur lem. Biasanya kain canvas ini dibuat menggunakan capuran bahan-bahan seperti cat tembok, lem dan cat lapisan tipis berbahan dasar minyak untuk lapisan terakhir, kanvas ini khusus untuk cat minyak. untuk cat acrylic atau cat berbahan dasar air tidak perlu dilapisi cat minyak.

Cara cepat membuat efek foto kanvas dengan photoshop

Nah, setelah mengetahui sedikit tentang apa itu kain kanvas, saatnya kita memasuki tahap intinya.

Cara membuat efek foto kanvas dengan photoshop

1. Buka photo yang akan dijadikan atau diberikan efek kanvas dengan menggunakan photoshop. Pada contoh kali ini saya menggunakan foto saya bersama bakak saya.


2. Kemudian silahkan sobat klik menu filter > filter gallery…


3. Pilih texture > texturizer kemudian pilih Canvas. Selain efek canvas, sobat juga bisa memilih efek lainnya. Diantara yang sudah tersedia adalah efek, brick, burlap, canvas dan sandstone. Sobat juga bisa mengatur scalling dan reliefnya. Silahkan dicoba-coba sendiri yah…


Sampai di sini sobat sudah sukses membuat efek foto seperti dibuat dengan media kain canvas. Sobat juga bisa menambahkan kreasinya dengan cara menempelkan gambar yang tadi sudah di edit ke dalam foto lukisan canvas asli, seperti yang sobat lihat pada gambar paling atas di tutorial ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.