Senin, Januari 25, 2016

Cara mudah memasang iklan ditengah postingan blog

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah memasang iklan ditengah postingan blog".

Tutorial Internet | Postingan atau artikel dalam sebuah blog adalah jiwanya. Setiap pengunjung yang datang ke blog kita akan terpokus pada isi dari artikel. Karena dari sanalah informasi yang mereka cari akan ditemukan. Hal itulah yang menjadi titik focus para pengunjung. Adapun bagian lainnya hanya terlihat sekilas saja.

Dengan memanfaatkan kebiaasaan pengunjung ini, kita bisa tahu spot-spot mana yang paling sering dilalui mata para pengunjung blog. Di spot itulah kita menempatkan iklan-iklan supaya kesempatan terlihat oleh para pengunjung semakin besar. Sehingga nilai CTR iklan akan semakin besar dan pada akhirnya pendapatan kitapun akan bertambah. Heheee….

Cara ini sudah saya praktekan pada blog tutorial89.com ini. Ketika saya memasang satu unit iklan adsense di tengah-tengah artikel dan hasilnya alhambulilah menunjukan penaikan, walau hanya beberapa persen. Cara ini saya kombinasikan dengan memasang matched content adsense dibagian bawah artikel sebagai ganti dari artikel terkait yang sebelumnya saya pasang. Selain di tengah postingan, saya juga memasang iklan adsense di bawah judul artikel dan di bawah postingan blog.

Cara mudah memasang iklan ditengah postingan secara otomatis

Sebenarnya sudah banyak blog yang share cara memasang iklan adsense di tengah postingan ini. baik untuk blogger, wordpress atau platform lainnya. Namun tidak semua kode yang tersebar diinternet ini cocok. Terutama untuk blogger yang sudah saya praktekan ini. ada beberapa kode jika diterapkan pada blog saya halinya masih terdapat beberapa masalah. Seperti; iklan muncul ditengah-tengah faragrap, masih terdapat keterangan gambar blog di bawah iklan adsense, dampai berbenturan dengan gambar-gambar yang ada.

Nah, dari sekian banyak kode yang tersebar diinternet, kode yang akan saya share ditutorial inilah yang sangat pas utntuk blog saya. Iklan adsense muncul setelah faragrap ditengah artikel, sehingga tidak memotong kalimat dalam paragraph tersebut. Juga tanpa ada keterangan kode-kode yang menyertai iklan adsense. Jika sobat tertarik untuk menempatkan iklan adsense di tengah artikel blogger, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara mudah memasang iklan ditengah postingan secara otomatis

1. Siapkan unit iklan adsense yang sudah di parse. Sobat bisa menggunakan unit iklan banner atau text. Cara parse kode HTML iklan adsense.

2. Masuk ke blogger.com kemudian pilih pengaturan template. Jangan lupa untuk selalu membeckup template terlebih dahulu sebelum mengedit template. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diingankan.

3. Cari kode <data:post.body/> untuk mempermudah silahkan gunakan Ctrl+F. biasanya terdapat 2 atau 3 kode ini. di template blog saya, saya pilih kode yang ke 3.

4. Setelah ketemu, silahkan ganti kode <data:post.body/> dengan kode berikut ini
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:10px 0'>
<div class='separator' style='clear: both; text-align: center; '>
Ganti dengan “KODE IKLAN ADSENSE YANG SUDAH DI PRASE”
</div>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

5. Selanjutnya tinggal klik Simpat template dan lihat hasilnya.

Oya. Perlu diketahui. Kode diatas bukan hasil buatan saya sendiri, saya hanya mengambil kode tersebut disalah satu blog yang membahas cara ini, tapi maaf saya lupa nama blognya, soalnya saya pernah mengunjungi beberapa blog yang membahas cara memasang iklan adsense ditengah postingan, dan hanya kode inilah yang paling pas dan hasilnya begitu rapih ketika diterapkan di blog tutorial89.com ini sehingga tidak mengganggu pengunjung. semoga bermanfaat.