Rabu, Desember 09, 2015

Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel".

Tutorial microsoft office | Sebentar lagi kita akan memasuki liburan semester sekolah, saatnya pembagian rapor untuk melihat hasil belajar para siswa selama enam bulan ini.

Jika sobat seorang guru maka membuat dan menghitung nilai rata-rata, maximal dan minimal wajib dikuasai, supaya bisa melihat nilai rata-rata muridnya. Menghitung rata-rata, maximal dan minimal sebuah angka sebenarnya sangat gampang sekali. Sobat hanya perlu sedikit mengetahui rumusan pada Microsoft excel. Maka hal itu semua akan bisa dilakukan dengan secara otomatis. Tanpa harus repot-repot menghitungnya secara manual. Bahkan cara ini lebih praktis daripada menggunakan kalkulator sekalipun.

Karena penghitungan rata-rata, maximal dan minimal ini dilakukan secara otomatis, hasilnya akan lebih akurat. Tentunya tidak lucu, jika sorang guru menghitung rata-rata sebuah niali murid-muridnya sampai salah. Yuk kita simak rumus-excel berikut ini yang akan membuat pekerjaan sobat semakin mudah dan gampang.

Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel

Cara menghitung nilai rata-rata, maximal dan minimal di excel

1. Buka Microsoft excel dan buatlah blank workbook, kemudian silahkan isikan data-data nama nilai murid-murid sobat.
Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel

2. Tempatkan Pointer pada kolom Rata-rata kemudian tulisankan rumus excel =AVERAGE(D3:G3). Kemudian klik enter maka rata-rata dari nilai yang telah terpilih langsung muncul. (D3:G3) adalah seluruh kolom yang akan dihitung rata-ratanya. Caranya tinggal di block saja.
Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel

3. Untuk nilai rata-rata anak lainnya, sobat tinggal Tarik kotak kecil yang berada di kolom H3 sampai pada kolom H10
Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel

4. Lakukan hal yang sama untuk mencari nilai rata-rata dari setiap mata pelajaran seperti pada langkah nomor 2.

5. Sekarang kita akan mencari nilai maksimal dari masing-masing mata pelajaran yang diikuti oleh para siswa. Caranya klik pada kolom Maximal kemudian tulis rumus excel =MAX(D3:D10) kemudian langsung enter. Maka secara otomatis nilai paing besar yang di dapat siswa akan muncul. Untuk mengisi nilai maximal mata pelajaran lainnya, silahkan lakukan seperti pada langkah nomor 3.
Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel

6. Terakhir adalah kita akan menghitung nilai paling kecil yang di dapat siswa dari masing-masing mata pelajaran. Caranya klik pada kolom minimal kemudian tulisakan rumus excel =MIN(D3:D10) kemudian klik enter. Untuk mengisi nilai maximal mata pelajaran lainnya, silahkan lakukan seperti pada langkah nomor 3.
Cara menghitung nilai rata-rata, max dan min di excel

Sampai di sini kita sudah bisa menghitung nilai rata-rata, maximal dan minimal dengan otomatis di Microsoft excel. Mungkin jika murid dan mata pelajarannya masih sedikit belum begitu terasa manfaatnya menggunakan rumus Microsoft excel ini. Tetapi jika murid dan mata pelajarannya sangat banyak, sobat akan merasakan betapa sangat berguna dan membantu sekali menggunakan rumus Microsoft excel ini untuk menunjang pekerjaan sobat sebagai guru.

Rumus Microsoft excel mencari rata-rata, maximal dan minimal ini tidak terbatas pada para guru saja. Bagi sobat yang seorang pedagang, bendahara dan profesi lainnya, rumus ini bisa dimanfaatkan. Semoga bermanfaat.