Kamis, Maret 01, 2018

Cara membuat typography wajah dengan photoshop + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat typography wajah dengan photoshop + Video".

Tutorial photoshop | Sebelum kita mencoba membuat typography pada wajah dengan penggunakan photoshop, ada lebih baiknya kita sedikit mencari tahu sebenarnya apa sih yang dinamakan typography ini. Supaya nantinya bisa mempermudah kita dalam pembuatannya.

Apa itu typography?

Menurut sumber yang say abaca dari Wikipedia typography ata dalam bahasa Indonseia ditulis typografi adalah suatu kesenian dan teknik memilih huruf dengan pengaturan penyebaran pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu dan kenyamanan semaksimal mungkin. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat baca sendiri keterangannya di wikipedia

Nah… setelah faham apa itu typography, sekarang saatnya kita mempraktekannya dengan membuat sebuah susunan huruf yang membentuk waja. Dalam teknik ini kita akan menggunakan bantuan photoshop untuk membuatnya. Silahkan dilihat dulu hasil akhri dari tutorial photoshop kali ini.

Cara membuat typography wajah dengan photoshop

Cara membuat typography wajah dengan photoshop

1. Buka photo wajah yang akan diberi effect typography dengan menggunakan photoshop. Usahakan menggunakan photo close up. Pada tutorial photoshop kali ini saya menggunakan photo saya sendiri sebagai modelnya.
Cara membuat typography wajah dengan photoshop

2. Jika gambar foto yang sobat gunakan menggunakan background terang, silahkan sobat ganti backgroundnya menjadi hitam. Sobat bisa menggunakan brushe atau bisa juga dengan cara menseleksinya dengan pen tool. Cara mengganti background foto denganp hotoshop.

3. Buatlah tulisan yang sobat sukai dengan menggunakan horizontal type tool (T). Contohnya saya menulis sebuah kalimat “Sekecil Apapun Yang Kau Lakukan, Akan Merubah Sejarah Dunia, Karena Kau Bagian Darinya” Saya menggunakan teks Calibri bold. Jika sobat belum tahu cara menulis tulisan banyak, sobat bisa membaca tutorial kami cara membuat tulisan berparagraph di photoshop.
Cara membuat typography wajah dengan photoshop

4. Selanjutnya, kita ganti layer background (foto) menjadi layer O kemudian tempatkan layer tersebut diatas layer tulisan dengan cara drop and drag sehingga foto sobat menutupi seluruh tulisan yang sobat buat tadi
Cara membuat typography wajah dengan photoshop

5. Buatlah layer baru, kemudian beri warna hitam dengan menggunakan pain bucket tool (G). dan tempatkan di posisi paling bawah.
Cara membuat typography wajah dengan photoshop

6. Sekarang saatnya memasukan gambar kedalam tulisan-tulisan yang sudah kita buat tadi. Caranya klik kanan pada layer gambar > Create clipping mask.
Cara membuat typography wajah dengan photoshop

7. Sampai tahap ini, sobat sudah sukses membuat efek typography pada wajah dengan menggunakan photoshop. Untuk memperindah efek typography, silahkan sobat atur ukuran font. Pilih beberapa kata yang diberi ukuran aga besar dari yang lainnya.
Cara membuat typography wajah dengan photoshop

8. Pilih layer tulisan kemudian klik Ctrl+T kemudian atur rotasinya menjadi 25. Set rotasi disesuaikan dengan selera.
Cara membuat typography wajah dengan photoshop

Setelah melalui proses pemilihan kata dan sedikit sentuhan seni maka hasil akhirnya menjadi seperti berikut ini. Semoga bermanfaat

Bagi sobat yang belum paham dengan tutorial versi tulisan, silahkan bisa menyaksikan video tutorial membuat typography dengan photoshop di bawah ini.

Tutorial video membuat typography wajah dengan photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih