Sabtu, Oktober 21, 2017

Cara membuat struktur organisasi dengan word + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat struktur organisasi dengan word + Video".

Tutorial microsoft office | Jika sobat pernah aktif di sekolah pasti sobat tahu yang namanya struktur organisasi. Apalagi jika sobat terpilih menjadi seorang sekretaris. hal itulah yang dulu pernah saya rasakan. Ketika kenaikan kelas, saya mendapatkan tugas untuk membuat sebuah struktur organisasi kelas.

Memang banyak cara untuk membuat sebuah struktur organisasi, baik dengan cara manual, maupun dengan bantuan komputer. Jika sobat memilih untuk membuat struktur organisasi menggunakan komputer, mungkin sobat bisa memanfaatkan aplikasi milik Microsoft. Yah… dengan hanya menggunakan Microsoft word, kita bisa membuat sebuah organisasi yang cukup keren dan rapih. Selain kita sudah friendly dengan tampilannya, di Microsoft word juga sudah tersedia beberapa template struktur organisasi.

Yang pastinya, struktur organisasi ini tidak terbatas hanya untuk para siswa saja. Akan tetapi, bisa juga dimanfaatkan untuk pembuatan struktur organisasi sebuah yayasan, perkumpulan atau bahkan sebuah perusahaan.

Cara membuat struktur organisasi dengan word

Jika sobat tertarik unutk membuat struktur organisasi menggunakan Microsoft word ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara membuat struktur organisasi dengan Microsoft word

1. Seperti biasa, silahkan sobat buka Microsoft word sobat, kemudian buatlah document baru

2. Sekarang kita akan merubah posisi kertas dari portrait (berdiri) menjadi Landscape (memanjang). Caranya klik menu page layout > orientation > landscape
Cara membuat struktur organisasi dengan word

3. Klik Menu insert > SmartArt > Hierarchy kemudian pilih desain struktur organisasi yang sobat sukai. Jangan lupa untuk klik ok
Cara membuat struktur organisasi dengan word

4.  Tarik buletan yang ada di pojok bawah, untuk memperbesar area pengerjaan struktur organisasi. Usahakan sampai full satu halaman.
Cara membuat struktur organisasi dengan word

5. Setelah template struktur organisasi terbentuk, silahkan sobat mulai mengisi nya dengan data-data yang sudah sobat sediakan. Jika ada kolom yang tidak terpakai, sobat tinggal menghapusnya dengan cara mengklik tombol delete pada keyboard.

6. Jika ingin menambahkan kolom sobat bisa melakukannya pada menu design > add shape
Cara membuat struktur organisasi dengan word

Keterangan :
Add shape after menambahkan kolom setelah kolom yang dipilih. Posisi akan sejajar dengan kolom yang dipilih
Add Shape before untuk menambahkan kolom sebelum yang terpilih. Posisi berada sejajar dengan kolom yang terpilih.
Add shape above untuk menambahkan kolom di atas kolom yang terpilih
Add shape below untuk menambahkan kolom di bawah kolom yang terpilih

Jika ingin mengganti warna atau model kolom sobat bisa mencobanya pada pengaturan yang ada dibagian menu  Design dan format. Selain itu sobat juga bisa melakukan grad and drop jika ingin memindahkan posisi kolom. Silahkan dikembangkan sendiri supaya lebih memahami. Semoga bermanfaat.

Tutorial video membuat struktur organisasi dengan word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih