Cara membuat no halaman ganjil/genap beda posisi di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat no halaman ganjil/genap beda posisi di word ". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Sobat pasti pernah dong membaca sebuah buku bacaan. Biasanya nomor halaman ganjil dan nomor halaman genap tidak satu posisi. Artinya nomor halaman ganjil berada di bawah pojok kanan sedangkan nomor halaman genap berada di bawah pojok kiri.

Tahukah sobat, pengaturan posisi nomor halaman seperti buku bacaan itu bisa diatur dengan hanya menggunakan Microsoft word. yang lebih keren lagi penomoran halaman di word ini bisa dilakukan secara otomatis, jadi akan semakin mempermudah kita dalam melaksanakan tugas-tugas kita.

Bisa dikatakan tutorial Microsoft word ini adalah merupaka skuel dari tutorial Microsoft sebelumnya, yakni cara membuat nomor halaman otomatis dan cara membuat nomor halaman beda format dalam satu file. Hehehe…. Kaya film aja ada sekuelnya….

Untuk empersingkat waktu, mari kita langsung saja menuju ke film selajnutnya, opss tutorial maksudnya.

Cara membuat no halaman ganjil/genap beda posisi di word
File lengkap dari ebook ini, bisa sobat download di ebook membedah shirathal mustaqiem

Cara membuat nomor halaman ganjil dan genap berbeda posisi di word

1. Silahkan sobat buak file Microsoft wordsobat jika sudah punya. Jika belum sobat juga bisa membuat document baru hanya sekedar untuk praktek tutorial ini.

2. Doble klik pada daerah header sehingga muncul menu Design > different odd & even page
Cara membuat no halaman ganjil/genap beda posisi di word

3. Masih di menu design, tempatkan kursor pada daerah odd page header pilih page number > top of page > pilih posisi nomor yang berada disebelah kanan.
Cara membuat no halaman ganjil/genap beda posisi di word

4. Sekarang scroll kebawah, sampai pada Even page header pilih page number > top of page > kemudian pilih posisi nomor yang berada disebelah kiri
Cara membuat no halaman ganjil/genap beda posisi di word

Sampai di tahap ini sobat sudah sukses membuat nomor halaman berbeda posisi seperti yang sering sobat dapatkan di buku-buku bacaan hanya dengan menggunakan Microsoft word. jika penjelasan diatas sedikit membingungkan, ada baiknya sobat meluangkan waktu 1:40+ menit untuk melihat tutorial ini dalam versi video. Semoga bermanfaat.