Cara membuat efek panorama dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat efek panorama dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photoshop | Jika kita mengacu pada kamus besar bahasa Indonesia panorama berarti pemandangan alam yang bebas dan luas. Nah dengan efek panorama ini kita ingin membuat sebuah efek pemandangan yang terlihat luas.

Sebenarnya, untuk mendapatkan efek panorama ini, sudah bisa sobat dapatkan dengan menggunakan kamera smartphone sobat. Karena biasanya di fitur kamera smartphone sudah tersedia pengambilan gambar efek panorama. Hanya saja, terkadang ketika kita mencoba mengambil gambar panorama dengan menggunakan smartphone ada bagian gambar yang terlihat putus nyambung, karena durasi pengambilannya tidak pas.

Jika sobat berhasil mengambil foto panorama dengan menggunakan smartphone, sobat akan mendapatkan sebuah gambar yang memanjang yang agak melengkung, tidak seperti photo biasa. Nah, efek melengkung pada panorama itulah yang akan kita coba buat dengan photoshop ini. Jadi jika sobat kesulitan mengambil efek panorama dengan smartphone, sobat bisa melakukannya dengan menggunakan photoshop. Silahkan lihat contoh efek panorama dibawah ini.

Cara membuat efek panorama dengan photoshop

Jika sobat tertarik membuat efek panorama seperti gambar di atas, langsung saja ikuti langkah step by step berikut ini.

Cara membuat efek panorama dengan photoshop

1. Silahkan sobat pilih foto pemandangan yang akan diberi efek panorama. Kemudian buka foto tersebut dengan menggunakan photoshop. Sebagai contoh saya memilih foto pesawahan di dekat gunung yang berada di daerah Gombong, Kebumen.
Cara membuat efek panorama dengan photoshop

2. Klik Ctrl+J untuk menduplikat gambar pemandangan tadi.

3. Klik Ctrl+T kemudian klik icon switch between free transform and warp modes, ganti kolom warp menjadi arc dan kolom bend menjadi -40 lalu enter.
Cara membuat efek panorama dengan photoshop

4. Efek lengkungan panorama sudah terlihat. Hangkah terakhir sobat tinggal mengcrop bagian gambar yang tidak diperlukan dengan menggunakan crop tool (C).
Cara membuat efek panorama dengan photoshop

Sampai di sini sobat sudah sukses membuat efek lengkungan panorama. Bagaimana…? Sangat mudah sekali bukan membuat efek lengkungan panorama dengan photoshop ini? Silahkan dipraktekan langsung, seoga bermanfaat.