Minggu, November 01, 2015

Cara membuat tulisan full color dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat tulisan full color dengan photoshop".

Tutorial photoshop | Kalau sobat salah satu dari pelanggan sebuah majalah, pasti tahu bedanya full color dan hitam putih. Biasanya harga buku yang di cetak dengan full color lebih mahal dari buku hitam putih.

Pada kesempatan kali ini, tentu saya tidak akan membahas perbedaan buku full color dengan buku hitam putih. Saya hanya akan sedikit meminjam kata full color untuk sebuah judul tutorial photoshop kali ini.

Tulisan full color berarti sebuah tulisan yang dibuat dengan penuh warna, sehingga memberikan efek yang keren walau hanya sebuah tulisan. Efek tulisan full color ini berbeda dengan efek tulisan warna gradient yang pada beberapa lalu sudah saya share tutorialnya di cara membuat tulisan lebih dari satu warna di photoshop.

Kalau efek gradient, seluruh warna bercampur dalam sebuah kata atau kalimat, sehingga kita tidak bisa memisakan dari setiap warna itu. Kalau full color yang sekarang akan kita bahas ini adalah, setiap huruf memiliki satu warna. Sehingga warna huruf satu dengan yang lainnya berbeda. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat bisa di lihat pada gambar berikut ini.


Cara membuat tulisan full color dengan photoshop

Cara membuat tulisan fullcolor dengan photoshop

1. Buka photoshop sobat, kemudian klik Ctrl+N untuk membuat document baru. Silahkan atur ukurannya. Pada contoh tutorial ini, saya membuat 900 x 600 pxl.

2. Buatlah Tulisan dengan menggunakan horizontal type tool (T). misalnya TUTORIAL89.
Cara membuat tulisan full color dengan photoshop

3. Block huruf T kemudian ganti dengan warna merah, (warna bisa sobat ganti sesuai selera)
Cara membuat tulisan full color dengan photoshop

4. Kemudian lakukan hal yang sama pada huruf-huruf berikutnya. tentunya dengan warna yang berbeda-beda. Sehingga warnanya menjadi seperti di bawah ini.
Cara membuat tulisan full color dengan photoshop

5. Tambahkan efek drop shadow supaya hasilnya lebih keren. Jika sobat belum tahu cara memberikan efek drop shadow, sobat bisa lihat tutorialnya di cara membuat efek bayangan di photoshop
Cara membuat tulisan full color dengan photoshop

Sampai di sini sobat sudah sukses membuat tulisan dengan full color. Sobat bisa menambahkan beberapa hiasan jika memang dirasa perlu. Tambahkan juga tulisan-tulisan lainnya sebagai pelengkap. Sehingga hasil akhirn ya menjadi gambar demo paling atas. Semoga bermanfaat.