Cara Gampang Sukses di Bisnis Jualan Online

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara Gampang Sukses di Bisnis Jualan Online". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tips Internet | Seiring dengan kemajuan teknologi, bisnis secara online merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Pertama, bisnis online tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk pembayaran sewa toko, pegawai, dan listrik maupun air. Bisnis online bisa dilakukan hanya dengan bermodal komputer atau laptop dan koneksi internet.

Selain itu, akhir-akhir ini banyak sekali masyarakat yang melakukan belanja online. Pasalnya, belanja online memang lebih praktis karena pembayarannya bisa dilakukan dimana saja dan calon pembeli hanya perlu menuliskan nama barang yang diinginkan pada website jual-beli online atau biasa disebut marketplace. Namun, saat ini persaingan di dunia bisnis online sudah sangat ketat. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk sukses di bisnis jualan online.

Cara Gampang Sukses di Bisnis Jualan Online

Tips untuk sukses di bisnis jualan online

1. Gambar yang menarik.
Pemilihan gambar dari produk yang dijual merupakan poin penting dalam kesuksesan bisnis online. Hal ini dikarenakan gambar yang menarik akan menentukan calon pembeli untuk meng-klik dan mencari tau lebih lanjut mengenai produk yang sobat jual. Dalam konteks ini, gambar yang menarik yaitu gambar dari produk sobat secara detail.

Sobat bisa memfoto produk sobat secara utuh menggunakan kamera beresolusi tinggi. Kemudian sobat bisa menambahkan foto lainnya yang berupa foto close-up dari produk yang sobat jual dengan tujuan memberikan detail visualisasi dari produk sobat.

2. Harga yang kompetitif.
Mengingat bahwa persaingan di dunia jual-beli online atau e-commerce sangat ketat. Sebagai penjual, sobat harus memberikan harga yang kompetitif dengan penjual lainnya. Sebelumnya, sobat bisa melakukan survei kecil-kecilan dengan mencari produk yang sama dengan yang sobat jual di marketplace dan mencatat harganya.

Dari hasil pencatatan survey tersebut, sobat bisa membandingkan harga dan memberikan harga yang kompetitif. Selain itu, sobat juga bisa memberikan promo sebagai strategi marketing sobat dengan memberikan diskon atau memberikan layanan gratis biaya pengiriman.

3. Deskripsi produk yang jelas.
Setelah calon pembeli tertarik untuk mencari tau lebih lanjut mengenai produk yang sobat jual dan tertarik dengan harga yang sobat tawarkan, hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah melihat deskripsi dari produk yang sobat jual.

Dalam penulisan deskripsi produk, hal-hal yang perlu sobat perhatikan adalah spesifikasi dari produk yang sobat jual harus dijelaskan sedetail mungkin agar calon pembeli mengerti dan tidak ragu untuk membeli produk yang dijual.

Selain itu, jika sobat menjual produk seperti handphone yang memiliki accessories seperti charger, earphone, dan buku manual, sobat harus menuliskan accessories tersebut secara detail.

4. Pilih marketplace yang terpercaya.
Saat ini, banyak sekali website yang menawarkan fasilitas jual-beli online. blanja.com adalah salah satu contoh marketplace tersebut yang bisa sobat percayai.

Kenapa harus blanja.com? Pertama, blanja.com merupakan hasil joint venture dari eBay (salah satu marketplace terbesar dari Amerika) dan Telkom Indonesia, yang pastinya terjamin keamanannya. Kedua, tampilan homepage blanja.com sangat menarik dan mudah digunakan karena memiliki kategori produk yang terletak di paling atas, sehingga membuat calon pembeli mudah untuk meng-akses dan mencari produk yang diinginkannya. Ketiga, blanja.com memiliki banyak pilihan bank transfer dan memiliki layanan pengembalian barang, sehingga calon pembeli tidak perlu takut untuk melakukan transaksi di website ini.

Demikianlah beberapa tips yang bisa sobat lakukan ketika ingin mencoba berjualan sebuah produk secara online. Semoga dengan tips sederhana ini, sobat bisa sukses menjual dagangannya kepada para konsumen yang tidak pernah bertatap muka langsung. Semoga bermanfaat.