Cara cepat menjumlahkan otomatis di ms excel

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara cepat menjumlahkan otomatis di ms excel". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | sudah lebih dari sebulan laptop saya rusak dan tak terselamatkan, sehingga penulisan tutorial photoshop dan Microsoft di blog ini sedikit terganggu. Kini untuk pertama kalinya saya menulis tutorial kembali dengan menggunakan laptop baru.

Sebagai tutorial pertama di laptop baru, saya akan buka dengan tutorial yang sederhana tapi manfaatnya sangat luar biasa sekali. Terutama bagi sobat yang suka jumlah-menjumlah uang dengan menggunakan Microsoft excel.

Saya tidak akan memberikan prolog yang panjang di tutorial pertama ini. Langsung saja sobat lihat cara cepat menjumlahkan otomatis di Microsoft excel seperti contoh di bawah ini.

Cara cepat menjumlahkan otomatis di Microsoft excel

1. Silahkan sobat buka Microsoft excel sobat. Kemudian buatlah daftar angka-angka yang akan sobat jumlahkan secara otomatis. Sebagai contoh ilustrasi saya akan membuat daftar gajian karyawan CV.tutorial89.com.
Cara cepat menjumlahkan otomatis di ms excel

2. Tempatkan kursor pada kolom dimana penjumlahan akan disimpan. Kemudian  klik =Sum (C7:E7) seperti gambar berikut ini. C7:E7 adalah merupakan kolom yang angka-angkanya akan di jumlahkan secara otomatis ynag berarti C7 D7 dan E7. Sobat juga bias melakukannya dengan langsung memblok kolom yang dimaksud
Cara cepat menjumlahkan otomatis di ms excel

3. Untuk mengisi penjumlahan kolom dibawah F7, sobat tidak perlu lagi menulis ulang rumus yang tadi. Namun cukup tempatkan kursor tepat di pojok bawah kanan kolom F7 kemudian drag and drop sampai pada kolom paling bawah penjumlahan.
Cara cepat menjumlahkan otomatis di ms excel

4. Adapun untuk mengisi total uang yang harus dikeluarkan untuk gaji para karyawan CV.tutorial89.com ini caranya sama seperti pada langkah nomor 3.
Cara cepat menjumlahkan otomatis di ms excel

Sampai disini sobat sudah pasti sudah faham bagaimana caranya menjumlahkan otomatis pada Microsoft excel ini. Caranya sangat gampang sekali bukan. Tanpa harus menghapal banyak rumus, kerja lebih cepat dan akurat pastinya.

Oya. Pada Microsoft excel tidak bisa menulis symbol uang pada kolom-kolom yang mau di jumlahkan secara manual. Karena hasilnya akan menjadi nol. Jika sobat ingin menulis nilai rupiah seperti pada contoh diatas, pengaturannya bisa sobat lihat di cara menulis format uang agar bisa menggunakan rumus excel. Semoga bermanfaat.