3 cara mudah membuat kalender 2016 sendiri

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "3 cara mudah membuat kalender 2016 sendiri". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Membuat kalender sendiri dan beda dengan yang lain tentu menjadi nilai tambah bagi kita. Selain kida bisa dengan leluasa untuk mendesain dan menambahkan foto-foto kita kedalam kalender, kita juga bisa memberikan tanggal merah tambahan pada hari-hari istimewa kita. Tntunya di luar hari libur nasional yang telah ditetapkan oleh negara dalam satu tahun melalui SKB 3 menteri.

Iya... Pada tanggal 25 Juni 2015 di kantor Menko PMK, Jakarta. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Yuddy Chrisnandi), Menteri Agama (Lukman Hakim Saifudin), dan Menteri Tenaga Kerja (Hanif Dhakiri) telah menandatangani Surat Keputusan Bersama hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2016. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Puan Maharani).

Hari libur dan cuti bersama di tahun 2016 ini sama dengan hari libur dan cuti bersama tahun 2015, yakni berjumlah 19 hari. Dengan perincian hari libur nasional berjumlah 15 hari dan cuti bersama sebanyak 4 hari. Adapun daftar hari libur dan cuti bersama tahun 2016 ini, bisa sobat baca di akhir artikel ini.


Dengan ditetapkannya hari libur nasional ini, bisa di jadikan patokan dasar bagi sobat yang mau membuat kalender sendiri. Kalender yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sobat bisa membuat kalender sendiri hanya dengan menggunakan program-program microsoft office.

3 cara mudah membuat kalender2016 sendiri


1. Membuat kalender dengan microsoft publisher
Microsoft publisher adalah salah satu prodak microsoft yang disertakan dalam microsoft office. Belum begitu banyak orang yang menggunakan microsoft publisher ini. Bahkan mungkin masih dianggap asing oleh sebagian orang. Tapi tahukah sobat, di microsfot publisher ini kita busa membuat berbagai keperluan yang berhubungan dengan publik. Diantaranya adalah membuat kalender otomatis. Tutorialnya bisa sobat baca di cara membuat kalender dengan microsoft publisher.

2. Membuat kalender dengan microsoft word
Masih menggunakan keluarga office dalam membuat kalender ini. Microsoft office word yang sering kita gunakan untuk keperluan ketik mengetik ternyata bisa juga kita gunakan untuk membuat kalender sendiri. Dengan beberapa tools yang agak tersembunya, kita bisa membuat kalender dengan cara otomatis tanpa harus membuat tabel tanggalan secara manual. Yang tentunya hal itu akan sangat menghemat waktu kita dalam pembuata kalender ini.

Jika sobat tertarik membuat kalender dengan menggunakan microsoft word, silahkan langsung saja meluncur ke cara praktis membuat kalender dengan microsoft word.


3. Membuat kalender dengan microsoft excel
Sudah kita ketahui bersama, microsoft excel adalah salah satu keluarga microsoft office yang didalamnya penuh dengan kode-kode rahasia. Yang jika kode-kode itu kita gali, kita akan banyak menemukan sesuatu yang wah, yang bisa kita menpaatkan dalam pekerjaan kita sehari-hari.

Membuat kalender dengan microsoft excel tentu bukanlah perkara yang sulit. Apalagi kita tidak perlu menulis kode-kode rahasia untuk menyusun tanggal-tanggal dalam sebuah kalender secara manual. Cukup beberapa klik, kode-kode itu akan langsung bekerja dan menampilkan kelender dengan tahun yang kita inginkan. Jika sobat tertarik untuk membuatnya, silahkan baca tutorialnya di cara cepat membuat kalender dengan microsoft excel.

Demikianlah 3 cara cepat dan praktis membuat kalender dengan hanya menggunakan microsoft office. Silahkan sobat pilih dari ketiga cara diatas mana yang menurut sobat paling mudah dan paling nyaman.

Daftar hari libur nasional tahun2016

Sebagaimana janji saya diatas, saya akan menyertakan daftar hari libur dan cuti bersama resmi yang telah diatur oleh SKB 3 menteri. Daftar hari libur dan cuti bersama ini saya ambil dari situs resmi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Repormasi Birokrasi di http://www.menpan.go.id

HARI LIBUR NASIONAL TAHUN 2016

No
Tanggal
Hari
Keterangan
1
1 Januari
Jumat
Tahun Baru 2016
2
8 Februari
Senin
Tahun Baru Imlek
3
9 Maret
Rabu
Hari Raya Nyepi
4
25 Maret
Jumat
Wafat Isa Al-Masih
5
1 Mei
Minggu
Hari Buruh Internasional
6
5 Mei
Kamis
Kenaikan Yesus Kristus
7
6 Mei
Jumat
Isra Miraj
8
22 Mei
Minggu
Hari Raya Waisak
9
6 & 7 Juli
Rabu-Kamis
Hari Raya Idul Fitri
10
17 Agustus
Rabu
Hari Kemerdekaan
11
12 September
Jumat
Hari Raya Idul Adha
12
2 Oktober
Minggu
Tahun Baru Islam
13
12 Desember
Senin
Maulid Nabi Muhammad Saw
14
25 Desember
Minggu
Hari Natal




CUTI BERSAMA TAHUN 2016

1
4,5 & 8 Juli
Senin, selasa & Jumat
Cuti Hari Raya Idul Fitri

2
26 Desember
Senin
Curi Hari Raya Natal.