Kamis, September 24, 2015

Cara mudah memperpanjang (renewal) domain

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah memperpanjang (renewal) domain".

Tips internet | Tak terasa sudah 10 bulan blog ini menggunakan domain TLD, dan itu menandakan udah saatnya memperpanjang (renewal) domain blog ini. Karena sebagaimana kita ketahui bersama, ketika kita menggunakan domain tld, kita harus memperpanjang masa berlakunya supaya domain kita tetap aktif, karena systemnya sewa.

Berbeda dengan ketika saya masih menggunakan domain blogspot.com miliknya google. Saya tidak perlu mengeluarkan uang tambahan uantuk memelihara blog ini. Namun demikian, bermigrasinya saya ke domain TLD membuat domain blog ini lebih simpel dan terlihat lebih profesional.

Nah, dalam rangka memperpanjang (renewal) domain blog ini, saya sengaja mendokumentasikannya dalam sebuah tutorial. Supaya kelak bisa bermanfaat bagi para pemain baru yang ingin memperpanjang domainnya. Ingat...! kita menggunakan domain blog itu systemnya sewa. Jadi kalau sobat masih pengen domain blog sobat tetap eksis di dunia maya, ya... mau tidak mau harus terus memperpanjang domain itu.

Tempat penyewaan domain yang saya gunakan adalah namesilo. Mungkin terdengar asing di telinga sobat, karena temapt ini tidak seterkenal godaddy, atau tempat lokal lainnya. Tapi jangan salah, selain harganya yang cukup murah, terdapat banyak fasilitas yang bisa kita gunakan disana. Jika sobat mau silahkan gunakan kupon “diskon” untuk mendapatkan potongan harga ketika menyewa  domain di namesilo. Tutorial lengkapnya bisa sobat baca di cara mudah mengganti domain TLD blog di namesilo.

Bagi yang sudah menggunakan namesilo dan ingin memperpanjang domain blognya. Siahkan ikuti tutorial berikut ini

Cara memperpanjang (renewal) domain blog di namesilo

1. Silahkan sobat login terlebih dahulu di http://www.namesilo.com/ kemudian klik domain manager
Cara mudah memperpanjang (renewal) domain


2. Ceklis nama domain yang akan di perpanjang. Kemudian klik renew domains. dalam contoh tutorial kali ini saya akan memperpanjang domain TLD tutorial89.com
Cara mudah memperpanjang (renewal) domain

3. Pilih jumlah tahun yang akan sobat sewa kembali. Pada tutorial kali ini saya memperpanjang domain blog tutorial89.com selama 1 tahun. Di situ tertera harga memperpanjang domain hanya $8.99 . kemudian klik continue
Cara mudah memperpanjang (renewal) domain

4. Kemudian silahkan pilih metode pembayarang yang sobat miliki. Sobat bisa menggunakan visa, mastercard, account namesilo, paypal, bitcoin, skrill, dwolla atau alipay.com. Pada tutorial kali ini saya menggunakan paypal sebagai metode pembayaran
Cara mudah memperpanjang (renewal) domain

5. Untuk proses selanjutnya, silahkan lakukan seperti transaksi pada umumnya.

Jika pembayaran sudah di lunasi, maka secara otomatis domain Blog TLD sobat akan bertambah umurnya sesuai jumlah tahun yang sobat pilih tadi.

Demikina tutorial sederhana memperpanjang domain tld blog di namesilo. Semoga bermanfaat.