Cara sederhana membuat WPAP dengan Photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara sederhana membuat WPAP dengan Photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photoshop | Pada kesempatan kali ini blog tutorial89.com kedatangan seorang penulis tamu yang dengan suka relanya menuliskan sebuah tutorial photoshop untuk dipublishkan di blog ini.

Mas +SULTRA EDU  adalah orang pertama yang menjadi penulis tamu di blog ini. Tutorial yang beliau tulis adalah cara membuat efek WPAP dengan menggunakan photoshop. Salah satu efek photo yang cukup banyak penggemarnya. Untuk penampakan akhir dari tutorial photoshop kali ini silahkan sobat bisa lihat gambar WPAP di bawah ini. Selamat mengikuti pelajaran photoshop yang akan di sampaikan mas sultra edu


sebelum memulai sobat harus tau dulu, kalau inti dari wpap adalah kita tetap bisa mengenali apa,siapa bentuk dari objek aslinya. Percuma sobat tahu cara membuat wpap kalau hasilnya tidak bisa dikenali.

Cara membuat WPAP dengan photoshop

1. Buka foto di photoshop. disini saya menggunakan foto teman saya. ukurannya tidak begitu besar. namun yang terpenting, wajah masih bisa dikenali.

2. DUPLIKAT LAYER CTRL J. untuk jaga - jaga saja siapa tahu ada kesalahan waktu proses pembuatan.jadi kita bisa gunakan layer aslinya lagi

3. buat foto menjadi hitam putih. tekan CTRL SHIFT U. beri nama layer "grey".

4. Siapkan Swatches panel, untuk digunakan sebagai tempat memilih warna nantinya. untuk mengaktfkannya, pergi ke windows - swatches.

5. Sebelum kita lanjutan. kita atur lagi warna pada layer grey. Tekan CTRL L (levels). tarik bagian white ke kanan agar bagian putih pad gambar  bertambah kapasitasnya.. *perlu sobat ketahui, kita menggunakan foto hitam putih, agar lebih mudah membuat bentuk pada wajah.

6. Buatlah layer kosong baru. aktifkan Polygonal Lasso Tool.di sebelah kiri toolbox

7. Dalam pembuatan wpap , kita harus memulai dari bentuk yang terpenting dulu, yaitu Mata, hidung, mulut. karena ini adalah unsur utama wajah. bekerjalah di layer baru. dan gunakan Polygoon tool untuk membuat seleksi pada bagian mata.

8. Jika poligon  sudah terbentuk tekan CTRL Enter, maka garis seleksi (garis semut semut ) akan terlihat. maka tinggal mewarnainya. disini saya memakai warna pada foreground yaitu putih. maka saya menekan CTRL BACKSPACE. maka area seleksi otomatis berwarna putih. sedangkan jika saya menginginkan warna pink atau background maka saya harus menekan ALT BACKSPACE.

9. Gunakan teknik diatas, sampai bagian - bagian mata terbentuk. ingat, gunakan layer baru pada setiap seleksi, agar kita bisa memberi warna berbeda padaa masing - masing layer.
- kalau bagian mata sudah selesai, pergi ke layer panel, jadikan grup semua layer yang membentuk mata. berikan nama grup "mata".

10. Lanjutkan ke tahap selanjutnya, dengan teknik yang sama. Sobat bisa lihat dibawah, saya sudah mempunyai semua unsur pada wajah, dan membuatnya ke dalam grup masing - masing.

11. Duplikat layer "Grey". lalu pergi ke Filter - Artistic - Cutout. gunakan pengaturan dibawah. klik ok.

12.Maka tampilan nya akan seperti dibawah.jadi pada bagian wajah, kita menggunakan cara cepat saja. berikan nama layer "Cutout".


13. masih bekerja di layer Cutout. sekarang kita perlu memberikan warna pada bagian - bagian di wajah.
gunakan Magic tool di toolbox sebelah kiri. klik pada area yang di inginkan, maka secara otomatis akan membentuk seleksi sesuai bentuknya. nah kalau seleksinya sudah terlihat, kita tinggal memberikannya warna sesuai teknik sebelmnya.

14. Lanjutkan Teknik ini sampai bagian wajah terbentuk. jika sobat ingin membuat bentuk - bentuk unik ,silahkan, yang penting ,,intinya, sobat masih bisa mengenali wajah dari Foto yang digunakan.

15. Jika semua sudah diwarnai. maka sobat tinggal menghilangkan layer - layer dibawahnya. seperti layer grey, Cutout. agar yang terlihat cuma bentuk yang sudah kita buat.

15. Nah untuk sentuhan terakhir, tinggal sobat yang tentukan mau di berikan apa. agar terlihat lebih mempesona.

saya rasa, langkah - langkah diatas sudah bisa membuka cakrawala sobat untuk membuat berbagai macam Wpap. selain Wpap sebenarnya ada lagi betuk Popart yang lain, yang mungkin sobat sukai, seperti Cara Membuat Popart Pixelate di Photoshop. Semoga bermanfaat.