Cara menampilkan dan menyembunyikan ribbon di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara menampilkan dan menyembunyikan ribbon di word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Ribbon adalah deretan menu-menu yang terletak pada bagian atas Microsoft office. Menu-menu ini berfungsi untuk membantu tugas-tugas kita dalam melakukan pengolahan data di Microsoft office, sehingga kita akan banyak terbantu tools yang ada di dalamnya.

Tampilan ribbon pada Microsoft office berubah total sejak versi Microsoft office 2007. Banyak yang merasa kebingungan dengan tampilan baru ini, namun perlahan mereka mulai terbiasa dengan tampilan baru yang sebenarnya lebih praktis dan terlihat lebih modern.

Akan tetapi terkadang kita merasa terganggu dengan deretan tools dan menu-menu itu, terutama ketika display yang kita miliki beresolusi kecil.

Nah untuk mengatasi semua itu, Microsoft sendiri sudah menyiapkan tools untuk pengaturnanya. Namun tidak semua orang tahu cara mengatur show or hidden ribbon ini. Jika sobat salah satu diantaranya, silahkan ikuti tutorial Microsoft word berikut ini.

Cara menampilkan dan menyembunyikan ribbon di Microsoft word

1. Silahkan sobat buka Microsoft word sobat. Saya menggunakan Microsoft word 2013. Untuk Microsoft word 2007 dan Microsoft 2010 tampilannya hamper sama.

2. Silahkan sobat lihat ke daerah pojok kiri atas. klik icon ribbon display options disitu sobat akan menemukan tiga pilihan options. Auto-hidden ribbon, show tabs dan show tab and commands
Cara menampilkan dan menyembunyikan ribbon di word

Keterangan;
a. Auto hidden ribbon adalah untuk menyembunyikan seluruh menu atau tabs yang ada di bagian atas. dia hanya akan tampil bila diklik. Mode ini cocok jika sobat hendak membaca file Microsoft word dengan layar yang kecil.

b. Show tab adalah menampilkan hanya bagian menu atau tabs nya saja. Adapun sub menunya akan tampil jika menu yang bersangkutan diklik. Mode ini juga cukup lumayan untuk menghemat ruangan.

c. show hidden and commands adalah menampilkan seluruh menu beserta sub menu yang dimiliki masing-masing dari menu-menu tersebut. Mode ini sangat cocok bagi para pemula, karena kita akan langsung melihat tools yang akan kita gunakan. Secara default Microsoft word menggunakan mode yang terakhir ini.

Demikianlah trik sederhana dan dasar untuk menampilkan dan menyembunyikan ribbon pada Microsoft word. Semoga bermanfaat.