Cara menampilkan dan mengatur ruler di photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara menampilkan dan mengatur ruler di photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photoshop | penggaris atau ruler pada photoshop sangat diperlukan sekali. Terutama bagi sobat yang akan membuat sebuah desain untuk printout dan memerlukan ukuran yang tepat. Seperti membuat poster, membuat cover buku, cover DVD/CD, membuat brosur, membuat surat undangan dan lain-lain.

Menampilkan penggaris di photoshop sama mudahnya dengan menampilkan penggaris di Microsoft word yang tutorialnya sudah saya share beberapa minggu yang lalu. Tapi semudah apapun itu jika tak tahu tentu akan menjadi sulit bukan. Maka dari itu saya akan share trik dasar photoshop ini untuk para pemula seperti saya ini. Silahkan disimak tutorialnya.

Cara menampilkan dan mengatur ruler di photoshop

Cara menampilkan dan mengatur penggaris di photoshop

1. Membuaka photoshop adalah langkah pertama yang harus sobat lakukan untuk menampilkan dan mengatur ruler di photoshop.

3. Kemudian klik menu view > rulers atau bisa langsung dengan mengklik Ctrl+R pada keyboard
Cara menampilkan dan mengatur ruler di photoshop

4. Untuk mengganti satuan ukuran dari pixels ke centimeter atau ukuran lainnya, sobat tinggal klik kanan kemudian pilih jenis ukuran yang diperlukan.
Cara menampilkan dan mengatur ruler di photoshop

5. Untuk mempermudah area ukuran, sobat bisa menambahkan guide line. Caranya tinggal klik pada ruler kemudian geser pada jarak tertentu yang diinginkan.
Cara menampilkan dan mengatur ruler di photoshop

Dengan menampilkan penggaris atau ruler ini pekerjaan sobat akan lebih mudah dan tentunya akan lebih rapih karena setiap jarak bisa ditentukan lebih akurat tanpa harus mengira-ngira. Semoga bermanfaat.