Jumat, Februari 23, 2018

Cara membuat document word tidak bisa di edit + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat document word tidak bisa di edit + Video".

Tutorial microsoft office | Jika pada tutorial Microsoft word yang dulu saya pernah share cara memberi password pada Microsoft word, pada kali ini saya akan kembali share cara proteksi document Microsoft word.

Kalau dilihat manfaatnya, kedua tutorial di atas memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memproteksi document Microsoft word. Bedanya, jika pada cara yang dahulu, orang yang tidak mengetahui password sama sekali tidak akan bisa membuka document Microsoft word sobat. sedangkan pada tutorial Microsoft office kali ini, orang yang tidak memiliki atau tidak mengetahui password mereka masih bisa membaca document word sobat, tetapi mereka tidak bisa mengedit  dan mengcopy document Microsoft word sobat.

Trik ini sangat cocok bagi soabt yang mau membuat E-book untuk dishare di internet, jika sobat tidak ingin ebook sobat tidak bisa di edit dan di copy oleh pihak-pihat yang tidak bertanggung jawab. Sekaligus bisa menggantikan format PDF yang sering dijadikan format ebook karena tidak bisa di edit. Silahkan sobat baca tutorial Cara membuat e-book tersusun rapih di word

Cara membuat document word tidak bisa di edit

Selain itu, document Microsoft word itu sizenya lebih kecil jika dibandingkan dengan format PDF. Akan tetapi jika sobat tetep ingin menggunakan format PDF, sobat tinggal mengconver saja format Docx ini menjadi format PDF. Tutorialnya bisa sobat temukan di Cara cepat converter file word ke PDF.

Terlepas dari tujuan sobat ingin membuat document Microsoft word sobat tidak bisa diedit, yuk kita mulai saja pada tutorial Microsoft word kali ini.

Cara membuat document word tidak bisadi edit

1. Silahkan sobat buka document Microsoft word yang mau sobat proteksi supaya tidak bisa di edit. Contohnya document makalah atau buku. *di tutorial Microsoft word kali ini saya menggunakan Microsoft office 2013

2. Klik menu Review > Protect > Restrict editing
Cara membuat document word tidak bisa di edit

3. Klik Allow only this type editing in the document kemudian pilih filling in form kemudian klik yes, start enforcing protection
Cara membuat document word tidak bisa di edit

4. Untuk selanjutnya setelah sobat mengklik yes, start enforcing protection sobat akan menemukan jendela pop up pengaturan password, silahkan masukan password yang mudah sobat hapal tetapi sulit didiketahui orang lain. Lalu klik Ok
Cara membuat document word tidak bisa di edit

Sampai pada tahap ini, sobat sudah sukses membuat proteksi pada document Microsoft word sobat. Untuk mengetesnya, silahkan sobat coba untuk mengedit atau mengcopy document sobat. ciri yang paling mudah, hampir semua tools yang ada pada riboon tidak bisa di klik.

Lalu bagaiman jika dikemudian hari sobat ingin mengedit kembali Microsoft word? Bisa kah sobat bisa mengeditnya lagi…?

Tentu saja bisa. Caranya mudah kok, yang penting sobat jangan melupakan passoword yang sobat buat tadi. Caranya adalah sebagai berikut ini

Cara menghilangkan proteksi document word

1. Saya anggap sobat belum menutup document Microsoft word yang buat tadi. Jadi sobat tinggal meng klik stop protection kemudian masukan password sobat.
Cara membuat document word tidak bisa di edit

Jika password yang sobat masukan benar, document word sobat bisa di edit kembali seperti biasanya. Silahkan langsung dipraktekan. Semoga bermanfaat.

Tutorial video membuat document word tidak bisa diedit

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.