Cara membuat header dan footer di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat header dan footer di word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Header dalam document word adalah sebuah kalimat atau gambar yang terletak di bagian atas document word, sedangkan footer adalah sebuah kalimat atau gambar yang berada di bagian bawah document word.

Header dan footer ini biasanya digunakan untuk menyisipkan judul bab pada setiap halaman sehingga memudahkan para pembaca sedang berada di bab mana. Mungkin jika dalam sebuah blog ini adalah sitemap. Terkadang juga digunakan untuk menyisipkan credit buku tersebut. Ini biasanya ada pada e-book yang biasa sobat dapatkan dari internet.

Header dan footer ini, sifatnya seperti nomor halaman otomatis, yang tutorialnya sudah saya share di cara membuat nomor halaman otomatis di word. Artinya jika sobat menulis sebuah kalimat di header halaman pertama, maka halaman berikutnya akan secara otomatis memiliki header yang sama pula.

Cara membuat header dan footer di word

Header dan footer ini sangat cocok digunakan dalam sebuah makalah, silahkan baca cara membuat makalah tersusun rapih di word. Sehingga makalah yang sobat buat terlihat lebih professional. Seperti buku-buku yang di jual di toko-toko buku. Jika sobat tertarik untuk membuat header dan footer di word, silahkan simak baik-baik tutorial Microsoft word berikut ini.

Cara membuat header dan footer di word

1. Silahkan buka document word yang akan di beri header dan footer, atau untuk mencoba, silahkan sobat buat document baru. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft office 2013

2. klik menu insert > Hedaer kemudian pilih Motion (old page) – add heading a to your document jika sobat ingin membuat header yang memuat setiap judul bab pada setiap halamannya. nama judul ini akan muncul ketika sobat sudah mensettingnya. Sobat juga bisa mencoba memilih setyle lainnya.
Cara membuat header dan footer di word

3. Jika sobat ingin membuat tulisan sesuai keinginan sendiri, silahkan double klik daerah paling atas salah satu halaman, kemudian tulis seperti biasa. Sobat juga bisa menyisipkan gambar pada header ini. yang nantinya tulisan dan gambar ini akan secara otomatis ada di setiap halaman pada document tersebut.
Cara membuat header dan footer di word

4. JIka sobat ingin membuat footer, silahkan klik menu insert > Footer kemudian lakukan seperti membuat header di atas.

Sampai di sini sobat sudah berhasil membuat header dan footer yang otomatis ada disetiap halaman word. One in all… semoga bermanfaat.