Cara membuat kotak-kotak otomatis di photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat kotak-kotak otomatis di photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photoshop | Sobat mungkin masih ingat, ketika Pak Presiden Jokowi berkampanya untuk pemilihan gubernur DKI Jakarta dan pemilihan presiden tahun 2014 lalu, beliau identic dengan baju kemeja kotak-kotaknya. Bahkan kemeja kotak-kotak ini menjadi iconik yang dipakai pula oleh para simpatisannya.

Ops… ini bukan blog politik, jadi kita tidak akan bahas politik di sini. Saya hanya akan memberikan sedikit trik cara membuat kotak-kotak secara otomatis dengan menggunakan photoshop. Kotak-kotak ini nantinya bisa sobat manfaatkan untuk berbagai keperluan. Seperti untuk background poster, membuat sebuah ketupat lebaran, background efek silhouette, background kartun, bikin motip taplak meja, motif sarung atau bahkan dijadikan motif kemeje kotak-kotak kaya punya pak Jikowi. J

Gambar di bawah ini adalah hasil akhir dari tutorial photoshop pada hari ini. Dengan motif kotak-kotak berbagai warna, yang bisa sobat pilih sesuai kesukaannya masing-masing. Silahkan dipilih. J

Cara kotak-kotak otomatis di photoshop

Setelah sobat puas liatin gambar kotak-kotak di atas, sekarang sobat bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan photoshop. Trik ini otomatis, artinya sobat hanya perlu memberikan perintah kepada Om Photoshop. Silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara membuat kotak-kotak otomatis dengan photoshop

1. Buka photoshop sobat, kemudian klik Ctrl+N untuk membuat document baru. silahkan isi nama dan ukurannya 900 x 600 pxl. Di tutorial photoshop kali ini, saya menggunakan photoshop Cs4. Untuk photoshop versi lainnya, kayanya sama deh cara pembuatannya.

2. Atur warna foreground dengan warna #c51212 dan background dengan #f30000, kemudian aktifkan gradient tool (G) dan buatlah arah diagonal seperti gambar di bawah ini.
Cara kotak-kotak otomatis di photoshop

3. Klik menu Filter > distort > wave…  lalu atur seperti gambar berikut ini. pengaturan ini hanya sebatas contoh, untuk hasil yang berbeda, sobat bisa mencoba-cobanya sendiri.
Cara kotak-kotak otomatis di photoshop

Nah, sampai ditahap ini, sobat sudah sukses membuat sebuah background kotak-kotak otomatis, hanya memerlukan beberapa menit, background kotak-kotak ala jokowi sudah langsung jadi. Kaga perlu lagi membuatnya secara manual. Hasil lebih rapih, lebih cepet pula. Dan hasil akhirnya bisa sobat lihat seperti pada gambar berikut ini. semoga bermanfaat.

Cara kotak-kotak otomatis di photoshop