Rabu, Februari 21, 2018

Cara mudah membuat hyperlink di word + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah membuat hyperlink di word + Video".

Tutorial microsoft office | Pada kesempatan kali ini kembali saya akan share tutorial sederhana berkaitan dengan tutorial Microsoft word. Tutorial yang akan saya share sekarang adalah cara mudah membuat hyperlink pada sebuah document word.

Apa itu Hyperlink?

Sebelum saya membahas tutorial membuat hyperlink pada tulisan di word, terlebih dahulu saya akan sedikit jelasin apa itu hyperlink. Menurut keterangan yang saya baca di situs Wikipedia Hyperlink adalah sebuah kata dalam bahasa inggris yang dalam bahasa Indonesia berarti Pranala. Sedangkan pranala adalah sebuah acuan dalam document hiperteks ke dokumen atau sumber lain.

Kalau bahasa gampangnya hyperlink itu adalah sebuah gambar atau tulisan yang apabila diklik akan menuju halanan tertentu. Hyperlink ini lebih dikenal dengan nama link.

Cara mudah membuat hyperlink di word

Apa pungsi hyperlink pada word?

Setelah mengetahui sedikit arti dari hyperlink atau link, disitu kita akan langsung mengetahui, untuk apa hyperlink pada sebuah document word. Jelas sekali untuk mengarahkan pada document adat situs tertentu yang ingin kita tuju,

Bagi sobat yang mau membuat sebuah ebook, hyperlink ini sangat diperlukan. Link ini bisa menuju facebook atau twitter sobat sebagai penulis ebook itu. Sehingga apabila para pembaca ebook sobat tertarik dan ingin Tanya-tanya bisa langsung klik link tersebut.

Selain itu, menurut yang pernah saya denger dari para master seo. Link dalam sebuah document word bisa dijadikan sumber backlink untuk blog atau web sobat. Caranya sobat tinggal membuat tulisan dengan livelink dalam sebuah document word kemudian simpat di internet. Dan masih banyak lagi kegunaan hyperlink lainnya.

Cara membuat hyperlink pada word

Nah setelah prolognya sudah sobat baca, sekarang kita akan mulai masuk ke pembahasan inti, yakni membuat sebual hyperlink pada kata atau tulisan di document word.

1. Silahkan sobat buka Microsoft word sobat, kemudian buatlah document baru seperti biasa. Atau sobat juga bisa membuka sebuah ebook yang sudah jadi.

2. Tulis sebuah tulisan yang akan sobat beri hyperlink kemudian block tulisan itu.

3. Setelah di block klik kanan kemudian pilih hyperlink.
Cara mudah membuat hyperlink di word

4. Setelah muncul PopUp masukan link yang sobat kehendaki. Link bisa berupa link blog atau link document lain yang ada dalam computer sobat.
Cara mudah membuat hyperlink di word

5. Link ini juga bisa mengarah pada headling pada document tersebut. Caranya sama seperti yang atas. Hanya untuk mengarahkan pada headling (judul) dalam document tersebut sobat pilih place in this document. Jika sobat belum tahu cara membuat headling pada Microsoft word, silahkan baca tutorial membuat makalah di word
Cara mudah membuat hyperlink di word

6.  Jika sobat ingin mengedit atau menghapus link yang dituju. Silahkan klik kanan pada link yang akan di edit, kemudian pilih edit hyperlink

Nah… sampai disini sobat sudah sukses membuat sebuah hyperlink pada document Microsoft word. Silahkan dicembangkan sendiri yah… semoga bermanfaat.

Tutorial video membuat hyperlink di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih