Jumat, Januari 05, 2018

Cara membuat kolom dan garis tengah di word + Vidoe

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat kolom dan garis tengah di word + Vidoe".

Tutorial microsoft office | Pernahkah sobat membaca sebuah Koran atau majalah…? Seandanya di dalam sebuah Koran hanya menggunakan satu kolom tulisan, tentu akan merepotkan kita sebagai pembaca. Karena begitu lebarnya kertas Koran yang akan menyebabkan kita cepat lelah membanyanya dan pastinya akan menimbulkan kebosanan.

Nah, untuk menghidari hal itu, para percetakan Koran mensiasatinya dengan membaginya kedalam beberapa kolom. Dan itu mengakibatkan kita nyaman membacanya. Apalagi ditambah gambar yang mewakili artikel atau berita yang sedang kita baca.

Tahu kah sobat. teknik pembuatan kolom seperti pada koran itu bisa kita terapkan pada makalah atau buku kita hanya dengan menggunakan software Microsoft word yang pastinya sudah sobat kenal. Dengan Microsoft itu kita bisa membuat satu halaman menjadi beberapa kolom sesuai yang kita butuhkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat bisa melihat ilustrasi gambar di bawah ini.

Cara membuat kolom di Microsoft word

Nah, bagaimana… Tertarik untuk membuat kolom pada document Microsoft word sobat….? jika iya, silahkan ikuti tutorial Microsoft word berikut ini.

Cara membuat kolom di Microsoft word

1. Silahkan buka document word yang akan sobat berikan kolom lebih dari satu, atau untuk uji coba, sobat bisa membuat document baru. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft office 2013

2. Blok paragraph yang akan diberi kolom, kemudian klik menu page layout > colom > more colom… tujuan dari di blok ini adalah agar hanya bagian itu saja yang di beri kolom. Jika sobat menginginkan keseluruhan halaman di beri kolom lebih dari satu, maka tidak perlu di blok terlebih dahulu.
Cara membuat kolom di Microsoft word

3. Kemudian silahkan Isi jumlah kolom yang diinginkan pada number of colom. Sobat juga bisa mengatur jarak antara colom dengan merubah angka spacing.atur seperti gambar berikut ini
Cara membuat kolom di Microsoft word

Nah. Sampai disini sobat sudah sukses membuat kolom lebih dari satu di mocrosoft word, sehingga tampilannya lebih unik dan tidak setandar seperti tulisan pada umumnya.

Cara membuat garis tengah kolom di word

1. Buka document Microsoft word yang akan diberi garis tengah kolom.
2. Kemudian klik menu page layout > colom > more colom… seperti pada nomor 2 diatas.
3. Isi number of columns dengan 2, jika sobat ingin membuat 2 kolom, kemudian centang pada kotak line betwin maka secara otomatis garis tengah kolom akan terbuat.
Cara membuat garis tengah kolom di word

Cara membuat kolom dimulai dari kanan ke kiri

1. Buka document Microsoft word yang akan diberi garis tengah kolom.
2. Kemudian klik menu page layout > colom > more colom… seperti pada nomor 2 diatas.
3. Isi number of columns dengan 2, jika sobat ingin membuat 2 kolom, kemudian centang pada kotak Right to left maka secara otomatis kolom akan dimulai dari kanan ke kiri. Pengaturan ini biasanya digunakan untuk membuat buku atau tulisan berbahasa arab. Baca cara menulisa tulisan arab di Microsoft word
Cara membuat kolom dimulai dari kanan ke kiri

Tutorial video membuat kolom dan garis tengah di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih