Cara membuat kolom di Microsoft word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat kolom di Microsoft word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Pernahkah sobat membaca sebuah Koran atau majalah…? Seandanya di dalam sebuah Koran hanya menggunakan satu kolom tulisan, tentu akan merepotkan kita sebagai pembaca. Karena begitu lebarnya kertas Koran yang akan menyebabkan kita cepat lelah membanyanya dan pastinya akan menimbulkan kebosanan.

Nah, untuk menghidari hal itu, para percetakan Koran mensiasatinya dengan membaginya kedalam beberapa kolom. Dan itu mengakibatkan kita nyaman membacanya. Apalagi ditambah gambar yang mewakili artikel atau berita yang sedang kita baca.

Tahu kah sobat. teknik pembuatan kolom seperti pada koran itu bisa kita terapkan pada makalah atau buku kita hanya dengan menggunakan software Microsoft word yang pastinya sudah sobat kenal. Dengan Microsoft itu kita bisa membuat satu halaman menjadi beberapa kolom sesuai yang kita butuhkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat bisa melihat ilustrasi gambar di bawah ini.

Cara membuat kolom di Microsoft word

Nah, bagaimana… Tertarik untuk membuat kolom pada document Microsoft word sobat….? jika iya, silahkan ikuti tutorial Microsoft word berikut ini.

Cara membuat kolom di Microsoft word

1. Silahkan buka document word yang akan sobat berikan kolom lebih dari satu, atau untuk uji coba, sobat bisa membuat document baru. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft office 2013

2. Blok paragraph yang akan diberi kolom, kemudian klik menu page layout > colom > more colom… tujuan dari di blok ini adalah agar hanya bagian itu saja yang di beri kolom. Jika sobat menginginkan keseluruhan halaman di beri kolom lebih dari satu, maka tidak perlu di blok terlebih dahulu.
Cara membuat kolom di Microsoft word

3. Kemudian silahkan Isi jumlah kolom yang diinginkan pada number of colom. Jika sobat menginginkan ada garis tengah pada tengah kolom silahkan ceklis pada line between. Dan jika sobat menginginkan kolom dimulai dari arah kanan kekiri seperti tulisan arab, silahkan ceklis pada right to left. Baca cara menulisa tulisan arab di Microsoft word. Sobat juga bisa mengatur jarak antara colom dengan merubah angka spacing.atur seperti gambar berikut ini
Cara membuat kolom di Microsoft word

Nah. Sampai disini sobat sudah sukses membuat kolom lebih dari satu di mocrosoft word, sehingga tampilannya lebih unik dan tidak setandar seperti tulisan pada umumnya. Semoga bermanfaat.