Cara mudah memotong (crop) gambar di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mudah memotong (crop) gambar di word ". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Pernahkan sobat membuat sebuah document pada Microsoft word yang disisipi sebuah gambar, membuat sebuah makalah contohnya. Akan tetapi gambar yang dimasukan ada bagian yang seharusnya tidak di tampilkan atau gambar terlalu besar.

Jika sobat ingin memotong atau mengcroop gambar tersebut. Sekarang tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan seperti photoshop untuk mengcrop gambar tersebut. Kenapa….? Karena Microsoft word sendiri sudah menyediakan fasilitas untuk mengcrop sebuah gambar. Caranya pun sangat mudah sekali. Hanya beberapa langkah gambar sudah bisa langsung di potong. Jadi sobat tidak perlu repot-repot membuat photoshop jika hanya ingin memotong atau mengcrop sebuah gambar. Gambar di bawah ini adalah contoh gambah yang dicrop menggunakan microsoft word.

Cara mudah memotong (crop) gambar di word
O ya…tutorial ini berbeda dengan tutorial cara membuat ukuran photo sama ketika print diword. Kalau di tutorial itu, kita hanya merubah ukuran foto menjadi ukuran yang kita inginkan. Misalnya kita ingin membuat pas foto 2x3 (lihat ukuran pas fotomaka kita atur deh dengan cara tersebut. Nah ditutorial yang ini, kita akan memotong gambar yang tidak diperlukan. Jadi bukan hanya sekedar merubah ukuran saja.

Mudah-mudahan sobat faham dengan apa yang saya maksud di sini. Jika sobat tertarik yuk kita mulai pada tutorial Microsoft wordnya.

Cara memotong atau crop gambar di word

1. Silahkan sobat buka makalah yang akan ditambahkan gambar. Pastinya bukanya dengan menggunakan Microsoft word, karena tutorial ini kan tutorial Microsoft word bukan tutorial photoshop J

2. Masukan seperti biasa gambar yang sobat inginkan. Jika sobat belum tahu caranya ya tinggal di klik menu insert > pintures kemudian pilih gambar yang diinginkan
Cara mudah memotong (crop) gambar di word

3. Klik gambar sobat, sehingga muncul menu format > Crop kemudian geser kearah dalam garis-garis seperti gambar berikut ini.
Cara mudah memotong (crop) gambar di word

4. Selain mengcrop dengan cara standar seperti diatas. Sobat juga bisa mengcrop gambar tersebut menjadi bentuk bentuk yang keren. Caranya klik menu format > segi tiga kecil > crop to shape kemudian pilih bentuk yang sobat inginkan.
Cara mudah memotong (crop) gambar di word

Bagaimana sangat mudah sekali bukan cara memotong bagian gambar di Microsoft word ini. caranya persis dengan mengcrop pada photoshop. Semoga bermanfaat.