Senin, April 20, 2015

Cara membuat efek foto klise dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat efek foto klise dengan photoshop".

Tutorial photoshop | Pada zaman dahulu kala, ketika era teknologi belum secanggih ini, mencetak photo tidak semudah seperti sekarang. Bahkan jarang sekali yang memiliki alat untuk menggambil foto (kamera).

Kodak adalah salah satu merek kamera yang sangat terkenal. Bahkan kata “Kodak” identink dengan kamera waktu itu. Sebelum mencetak foto menjadi sebuah gambar di kertas, terlebih dahulu kita harus menjadikannya sebuah klise, yang dalam satu rol biasanya termuat 36 foto, pada waktu itu yang terkenal adalah fuji film.

Nah. Dikesempatan kali ini saya tidak akan membahas kehebatan kamera Kodak atau cara mencetak foto dari klise. Akan tetapi justru sebaliknya, yakni membuat foto biasa menjadi klise. Sekalian untuk bernostalgia pada saat-saat indah yang tak terlupakan… J
 Cara membuat efek foto klise dengan photoshop

Apa itu klise?

Mungkin bagi sobat yang tidak mengalamani masa-masa itu kurang tahu atau bahkan tidak tahu apa itu klise. Karena sekarang ini hampir tidak ada yang menggunakan kamera film untuk memotret gambar. Maka dari itu saya akan sedikit menjelaskan “apa itu klise?”

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) klise adalah gambar negative pada film potret.

Cara membuat efek foto klise dengan photoshop

1. Silahkan sobat buka foto yang akan sobat beri efek klise dengan menggunakan photoshop. Pada contoh tutorial photoshop kali ini saya akan memberi efek klise pada foto saya dan bapak.
Cara membuat efek foto klise dengan photoshop

2. Klik Ctrl+I pada keyboard secara bersamaan. Maka hasilnya akan langsung menjadi seperti foto klise jaman dulu.
Cara membuat efek foto klise dengan photoshop

Sampai disini sobat sudah sukses membuat efek foto klise dengan photoshop. Untuk selebihnya, silahkan di hias sendiri yah. Supaya terlihat lebih keren. Hehhe… semoga bermanfaat.