Cara praktis menambah komentar disqus pada blog

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara praktis menambah komentar disqus pada blog". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



tutorial89 | forum komentar adalah tempat di mana komunikasi antara pembaca dan pemilik blog berlangsung. Pertanyaan, saran, kritik dan lain sebagainya berlangsung. Akan tetapi terkadang kita merasa bosan dengan forum komentar yang begitu-begitu saja.

Dengan memahami itu, para desainer template berusaha memodif forum komentar dengan tampilan yang lebih fresh dan desain yang lebih keren, sehingga mengurangi rasa bosan pada tampilan forum komentar.

Akan tetapi, jika sobat benar-benar merasa bosan dengan forum komentar default pada blogger, atau hanya sekedar mencoba forum komentar yang baru, ada banyak sekali forum komentar yang disediakan pihak ketiga untuk mengganti forum komentar default blogger. Salah satunya adalah forum komentar disqus.

Apa itu disqus?

Menurut Wikipedia disqus adalah merupakan salah satu layanan sistem komentar berjaringan di internet yang telah ada sejak tahun 2007 silam.

Selain tampilannya yang indah, disqus ini sudah bisa digunakan pada banyak platporm blog, seperti blogger, wordpress, tumblr, dan lain-lain. Bagi sobat yang menggunakan template responsive, komentar disqus ini juga sudah bisa mengikuti responsive seperti template blognya. Untuk lebih jelasnya lagi, sobat bisa langsung melihat forum komentar diblog ini, yang juga menggunakan komentar disqus.

Dari sejumlah kelemahan yang dimiliki disqus, tentu ada juga kekurangannya. Salah satu kekurangan komentar disqus adalah loading blog akan terasa lebih berat. Jadi, silahkan dipertimbangkan, mau pakai komentar bawaan atau beralih ke komentar disqus.

Cara menambahkan komentar disqus diblog

1. Silahkan sobat masuk ke disqus.com > add Disqus to your site, saya menganggap sobat sudah login dengan akun disqus. Bagi yang belum login atau belum daftar silahkan daftar dulu.
Cara praktis menambah komentar disqus pada blog

2. Kemudian silahkan isi forum yang telah disediakan seperti gambar berikut ini. jika sudah selesai klik finis registration
Cara praktis menambah komentar disqus pada blog

3. Silahkan pilih platform blog yang sobat pakai. Karena saya menggunakan blogger, maka saya pilih blogger.
Cara praktis menambah komentar disqus pada blog

4. Silahkan sobat klik add Kumpulan koleksi to my blogger site. Kumpulan koleksi adalah nama komentar yang tadi saya pilih. Jadi nama ini akan mengikuti nama yang sobat tulisa pada tahap sebelumnya.
Cara praktis menambah komentar disqus pada blog

5. Pilih blog yang akan sobat tambahkan komentar disqus, kemudian klik menambah widget
Cara praktis menambah komentar disqus pada blog
Sampai disini sobat sudah berhasil menambahkan komentar disqus pada blog sobat. untuk mengeceknya berhasil apa tidak, sobat bisa langsung membuaka salah satu artikel blog tersebut. Semoga bermanfaat.