Jumat, Februari 09, 2018

Cara cepat membuat efek cahaya lensa dengan photoshop + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara cepat membuat efek cahaya lensa dengan photoshop + video".

Tutorial Photoshop | efek cahaya lensa memang sangat indah sekali, biasanya kita akan mendapatkan efek cahaya lensa itu waktu kita memotret sebuah cahaya, sehingga cahaya itu membias pada lensa kamera. Akan tetapi untuk memotret sebuah cahaya supaya menghasilkan efek lensa bukanlah hal yang mudah dilakukan, terkhusus bagi seorang yang masih awam dalam dunia photographer seperti saya ini. Terlebih lagi kamera yang digunakan untuk memotretnya adalah kamera lakadarnya,

Akan tetapi, sekarang sobat tidak perlu lagi kesulitan untuk menghasilkan efek cahaya lensa pada foto, karena dengan bantuan photoshop hal itu bisa dengan mudah dilakukan. Sobat hanya perlu foto biasa yang terdapat cahayanya, adapun effek lensanya kita gunakan photoshop.

Tutorial photoshop membuat efek cahaya lensa ini berbeda dengan tutorial yang beberapa hari yang lalu saya share, yaitu cara membuat efek cahaya matahari dengan photoshop. Kalau di tutorial ini, kita akan belajar membuat efek cahaya lensa, sedangkan pada tutorial yang lalu, kita telah belajar membuat efek cahaya matahari. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat perhatikan foto dibawah ini yang sudah saya kasih efek lensa.

Cara cepat membuat efek cahaya lensa dengan photoshop

Nah, setelah sobat mengetahui hasil akhir apa yang akan saya share, sekarang kita saatnya menuju ke tutorial photoshopnya.

Cara membuat efek cahaya lensa dengan photoshop

Silahkan sobat siapkan foto yang akan sobat kasih efek cahaya lensa. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan foto pemandangan di pegunungan cianjur, yang pada 13 agustus 2013 lalu saya potret menggunakan kamera Canon PowerShot A3000 IS dengan resolusi foto 1600x1200 pxl.

1. Buka foto sobat tadi dengan menggunakan photoshop
2. Klik menu filter > Render > Lens flare…
Cara cepat membuat efek cahaya lensa dengan photoshop

3. Silahkan atur tempat cahaya lensa keluar, atur juga model efek cahaya lensa yang sobat sukai. Lalu klik Ok
Cara cepat membuat efek cahaya lensa dengan photoshop

Sampai di sini sobat sudah selesai membuat efek cahaya lensa pada foto dengan photoshop. Untuk selanjutnya silahkan dikembangkan sendiri yah… semoga bermanfaat.

Tutorial video membuat effect cahaya lensa di photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih